Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Berhitung Dalam Menyelesaikan Permasalahan Sintesis Matematis Siswa Kelas IV
Abstract
Math anxiety yang dialami siswa membawa respon yang buruk terhadap keterampilan matematis dasar siswa yaitu kemampuan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh math anxiety terhadap kemampuan berhitung dalam menyelesaikan permasalahan sintesis matematis siswa kelas IV MI Kanzul Huda Ponorogo. (2) Menjabarkan besarnya tingkatan pengaruh math anxiety terhadap kemampuan berhitung dalam menyelesaikan permasalahan sintesis matematis siswa kelas IV MI Kanzul Huda Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Kanzul Huda sejumlah 49 siswa. berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara math anxiety terhadap kemampuan berhitung dalam menyelesaikan permasalahan sintesis matematis siswa kelas IV MI Kanzul Huda Ponorogo. (2) Besarnya tingkat pengaruh math anxiety terhadap kemampuan berhitung dalam menyelesaikan permasalahan sintesis matematis siswa diperoleh nilai hubungan/korelasi (R) sebesar 0,351 dengan tingkat korelasi rendah sedangkan dari hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh bahwa math anxiety mempengaruhi kemampuan berhitung siswa dalam menyelesaikan permasalahan sintesis matematis siswa sebesar 12,3%. Maka dapat disimpulkan bahwasanya math anxiety secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kemampuan berhitungan siswa.
References
Ariyanti, Z. I. (2015). Efektifitas Alat Permainan Edukatif (APE) berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Bulutirto Temanggung. Jurnal Psikologi UIN Sunan Kalijaga, 58-69.
Ashcraft, M. (2016). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Current Directions in Psychological Science 11(5), 181-185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196
Beilock, S. W. (2014). Ask The Cognitive Scienetist Math Anxiety: Can teachers Help Students Reduce it. American Educator, 38(2), 28-43.
College, G. B. (2014). Dealing With Math Anxiety. Canada: George Brown College.
Commodari, E. V. (2021). General academic anxiety and math anxiety in primary school. The impact of math anxiety on calculation skills. Acta Psychologia, 1-7. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2021.103413
DEPDIKNAS. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Firmansyah, I. (2020). Pengaruh Audit Internal dan Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Kecurangan (FRAUD) di PT Perkebunan Nusantara VIII. Jurnal Land 1 (2), 138-148.
Hidayati, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Dengan Menggunakan Media Garis Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II MI Mambaul Hikmah Mojokerto. (Skripsi), Universitas Islam Negeri Surbaya, Surabaya, Indonesia.
Lee, K. C. (2018). Magnitude Processing and Complex Calculation in Negatively Impacted by Mathematics Anxiety While Retrieval-Based Simple Calculation is not. International Journal of Psychology, 53(4), 321-329. https://doi.org/10.1002/ijop.12412
M, Mc Closkey. C. (1985). Cognitive Mechanisms in number processing and calculation:Evidence From Dyscalculia. Brain and Cognition, 4 (2), 171-196. https://doi.org/10.1016/0278-2626(85)90069-7
Maloney, E. e. (2012). Reducing the Sex Difference in Math Anxiety: The Role of Spatial Processing Ability. Learning and Individual Differences, 22(3), 380-384. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.01.001
Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Rahma, N. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 5465.
Rozgonjuk, D. e. (2020). Mathematics anxiety among STEM and social sciences students: the roles of mathematics self-efficacy, and deep and surface approach to learning. International Journal of STEM Education, 7 (1), 1-11. https://doi.org/10.1186/s40594-020-00246-z
Sugiharto, R. W. (2023). Kemampuan Sintesis Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Identitas Gender. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 22 (1), 66.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XXII. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Wulandari, M. R. (2022). Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Sintesis Matematika. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keuruan dan Ilmu Pendidikan, 8 (1), 74-83.