PENERAPAN PROGRAM REDUCE, REUCE, RECYCLE (3R) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN, KREATIF, DAN TANGGUNG JAWAB DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO

  • Annisa Wulandari
  • Mukhlison Effendi IAIN Ponorogo
Keywords: Program 3R, Karakter Peduli Lingkungan, Kreatif, Tanggung jawab

Abstract

Karakter merupakan suatu sistem keyakinan dan kebiasaan yang mendorong tingkah laku seseorang. Penerapan nilai-nilai karakter yaitu seperti karakter peduli lingkungan, kreatif, tanggung jawab. Seorang siswa harus memiliki karakter tersebut agar terbiasa hidup sehat, kreatif serta mempunyai jiwa tanggung jawab dalam dirinya. Karakter peduli lingkungan, kreatif, tanggung jawab dapat dibentuk melalui berbagai cara salah satunya melalui penerapan program 3R. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan program 3R dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan, mendeskripsikan penerapan program 3R dalam menumbuhkan karakter kreatif, mendeskripsikan penerapan program 3R dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang dilakukan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Data yang diperoleh dari hasil obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Penerapan Program 3R dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo yaitu dengan membiasakan dan mengajak siswa untuk memilah sampah dengan membedakan mana sampah organik dan mana sampah anorganik, Penerapan Program 3R dalam menumbuhkan karakter kreatif di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo yaitu dengan guru berperan untuk mengajak anak membuat sebuah karya yang terbuat dari sampah, Penerapan Program 3R dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo yaitu dengan memberikan pemahaman yang sederhana tentang lingkungan dengan cara bercerita atau aktivitas yang menarik.

References

Aisyah & M.Ali. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya. Jakarta: Kencana, 2018.
Arinda Firdianti. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Lampung: CV. Gre Publishing, 2018. Aziz, Abdul. Membangun Karakter Anak Dengan Al-Qur’an. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2018.
Aziz, Abdul. Membangun Karakter Anak Dengan Al-Qur’an. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2018.
Damanhuri, Enri and Padmi, Tri. Pengelolaan Sampah Terpadu. Bandung: ITB Press, 2019.
Dwi Arisona, Risma. “Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan.” Al-Ulya:Jurnal Pendidikan Islam 3 (2018)
Eufrasia Jeramat, Hildegardis Mulu, dkk. “Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP.” JOURNAL OF KOMODO SCIENCE EDUCATION 01 (2019): 25.
Fachrudin Hakim, Muhammad dkk. Biobat Ekstrak Belimbing Wuluh. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2022.
Fadilah, dkk. Pendidikan Karakter. Bojonegoro: Agrapana Media, 2021.
I Nyoman Alit putrawan. Sampah Dalam Persepektif Hukum Lingkungan Hindu: Telaah Sampah Pada DAS Tukad Bindu Bali. Badung: NILACAKRA, 2022.
Windiani Erika Cahya, Effendi Mukhlison. (2021) Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Produktivitas Bagi Remaja Putri Melalui Pelatihan Pembuatan Hiasan Dinding Dengan Seni Macrame Di RT. 02 Desa Puhpelem Kec. Puhpelem Kab. Wonogiri.
Published
2024-12-04
How to Cite
Annisa Wulandari, & Mukhlison Effendi. (2024). PENERAPAN PROGRAM REDUCE, REUCE, RECYCLE (3R) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN, KREATIF, DAN TANGGUNG JAWAB DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 248-257. https://doi.org/10.21154/thifl.v4i2.3976