Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya IPAS Kelas 5

  • Ricky Cahya Permatasari Budi Bapak
  • Heny Kusuma Widyaningrum
  • Lilik Suryani
Keywords: Eksperimen, Hasil Belajar, Sifat Cahaya

Abstract

Dengan menggunakan metode eksperimen, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SDN Patihan mengenai sifat-sifat cahaya. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 23 siswa kelas V A SDN Patihan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Sebelum melakukan penelitian kelas, dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa. Dalam penelitian ini Rancanagan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart untuk tingkat prestasi belajar sifat-sifat cahaya yang mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa kelas V A SDN Patihan terlihat dari hasil belajarnya pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan relatif pada nilai rata-rata kelas, dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,7% pada siklus I dan ketuntasan 8,4% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengenai materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Patihan

References

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143.

Bundu, P. (2006). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains SD. Jakarta: Depdiknas.

Pendidikan, B. N. S. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dwijosepoetra. (1985). Petunjuk Kegiatan Biologi SMA. Jakarta: Depdikbud.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Nurdin, I. (1991). Petunjuk Praktikum IPA. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II Depdikbud.

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa sma negeri 1 uluiwoi kabupaten kolaka timur. Jurnal penelitian pendidikan matematika, 3(2), 17-26.

Siahaan, A. (2016). Ilmu Pendidikan dan Masyarakat Belajar. Citapustaka Media Perintis

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulastri, & Rochmiyati, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis LKPD. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 104–112. https://doi.org/journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Published
2024-11-15
How to Cite
Budi, R. C. P., Heny Kusuma Widyaningrum, & Lilik Suryani. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya IPAS Kelas 5. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 183-192. https://doi.org/10.21154/thifl.v4i2.3959