PERAN ASESMEN DIAGNOSTIK DENGAN PENDEKATAN PERSONAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP MATERI

  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
Keywords: asesmen diagnostik, pendekatan personal, pemahaman siswa

Abstract

Kebutuhan siswa yang beragam tentunya membuat guru harus tepat dalam memilih strategi pembelajaran. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi membuat penelti melakukan perbaikan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan asesmen diagnostik yang dintegrasikan dengan pendekatan personal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi bagaimana pendekatan personal dalam pengajaran dan pembelajaran dapat disesuaikan dengan hasil asesmen diagnostik siswa serta menemukan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman materi siswa secara personal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SDN Kalipenggung 01 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang dengan subjek siswa kelas satu yang berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi lembar penilaian asesmen diagnostik siswa. Hasil peneitan ini menunjukkan bahwa asesmen diagnostik dilakukan dalam tiga tahap yaitu asesmen diagnostik(pretest), asesmen formatif dan asesmen sumatif yang hasilnya digunakan sebagai acuan pemetakan kelompok belajar. Strategi pembelajaran dengan pendekatan personal disesuaikan dengan kelompok belajar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Strategi pembelajaran dengan pendekatan personal yang digunakan peneliti yaitu metode bernyanyi, bercerita, permainan kartu kata dan pemecahan masalah melalui pembuatan projek. Temuan dari penelitian ini dapat menjadi salah satu cara bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

References

Adek Cerah Kurnia Azis, & Siti Khodijah Lubis. (2023). Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202
Adi, D. P. (2022). Buku Ajar Konsep dasar IPS Terpadu: Tematik dan Terintegrasi untuk madrasah Ibtidaiyah.
Ahmad Heki Sujiatmoko. (2023). Ragam Asesmen dalam Pembelajaran Bahasa (1st ed.). Jejak Pustaka.
Bruta, Y. (2022). Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (M. A. U. I. M. Hidayat (ed.)). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Endin Mujahidin, A. D. P. (2018). Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 211. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283
Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44. https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Fitrotul Insani, Harto Nuroso, & Iin Purnamasari. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4450–4458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154
Forniawan, A., & Wati, D. R. (2024). Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Sekolah Dasar. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(2), 164–179. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962
Hamid, A. (2019). Penyusunan Tes Tertulis (Paper and Pencil Test) (1st ed.). Uwais Inspirasi Indnonesia.
HB, U. Q. (2021). Wonderful Milenials with Digital. Deepublish.
Hendrik Eko Prasetyo, D. (2021). Cara Mudah Mengajarkan IPS di SD (C. Tim SDN 2 Ngentrong (ed.)). Guepedia.
Hikmasari, P., Kartono, K., & Mariani, S. (2018). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik dan Pengajaran Remedial pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 400–408. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19610
Ika Maryani, Enung Hasanah, S. (2023). Asesmen Diagnostik: Pendukung Pembelajaran Berdiferensiaasi pada Kurikulum Merdeka. K. Media.
Ina Magdalena, Firsta Azzahra Pasyah, N. hasanah. (2020). Implikasi Perbedaan Individu Peserta Didik Sekolah Dasar. Penda: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3).
Kelirik, N. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA, 16(1), 1. https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19821
Lufri, D. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. IRDH.
Mulyaningsih, H., Utami, S., & Kartono. (2015). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan individual pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/12707
Ndaru Putri Yudhiarti, D. (2023). Psikologi Pendidikan (Moh Suardi (ed.)). Azka Pustaka.
Nur Laela Dewi, Sukamto, D. P. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4979–4994. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127
Nurhayati, R. (2021). Surat Kabar Guru Belajar: manajemen kelas Campuran. Cerita Guru Belajar.
Purwanto, A. T. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 18(20).
Rahmah Johar, L. H. (2021). Strategi Belajar Mengajar untuk Menjadi Guru yang Profesional (C. R. Zahara (ed.); Revisi). Syiah Kuala University Press.
Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4
Rm. Martinus Joko Lelono, D. (2016). Bhinneka Tunggal Ika dalam Sketsa: Refleksi Keberagaman Muda-Mudi Lintas Iman. Dwi Quantum.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sayyidatul Hasna, Mira Azizah, E. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif Siswa Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang. Didaktik: Jurnal PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02).
Suharti, Sumardi, Moh. Hanafi, L. H. (2020). Strategi Belajar Mengajar (Tika Lestari (ed.)). Jakad Media Publishing.
Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca: Pemahaman di Sekolah Dasar. NEM.
Tamara, R. (2022). Filosofi Montessori (1st ed.). Bentang Pustaka.
Tantan hadian, D. (2023). Digital School & Platform Merdeka Mengajar (I. Tejawiani (ed.)). Edu Publisher.
Yolanda, M., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Asesmen Diagnostik di SDN Pengampon III Kota Cirebon. Jurnal Educatio, 10(1), 251–257. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7856
Yunawati. (2023). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. NEM.
Zaim, M. (2016). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Kencana.
Zain, A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama & Moral Anak Usia Dini (A. A. Marrieta Moddies Swara (ed.)). Insania.
Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2).
Published
2024-12-11
How to Cite
Ahmala, M. (2024). PERAN ASESMEN DIAGNOSTIK DENGAN PENDEKATAN PERSONAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP MATERI. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 289-309. https://doi.org/10.21154/thifl.v4i2.3665