Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Qur’an Hadist

  • Mariska Kristianingrum IAIN Ponorogo
  • Moh. Miftachul Choiri
Keywords: Gaya Belajar; Kecerdasan Intelektual;Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan penelitain ini menjelaskan pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Qur’an Hadist. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eks post facto yang bertujuan menemukan penyebab perubahan pada variabel bebas secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif As-Salam Sooko pada kelas III. Cara mengumpulkan data dengan menggunakan angket dengan memberikan kuesioner kepada peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 responden. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh berupa simpulan gaya belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep memiliki nilai R2 yaitu sebesar 2,1% gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sisanya 97,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kecerdasan intelektual memiliki pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan pemahaman konsep memiliki nilai R2 sebesar 86,1% kecerdasan intelektual berpengaruh 86,1% terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sisanya 13,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Gaya belajar dan kecerdasan intelektual berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan memperoleh nilai R2 yaitu sebesar 86,3% dan sisanya 13,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2024-01-02
How to Cite
Mariska Kristianingrum, & Moh. Miftachul Choiri. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Qur’an Hadist. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 396- 411. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i2.2534