PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN TERINTEGRASI MATERI PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 1 NGLUMPANG

  • Muhammad Wijayanto IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah
Keywords: Buletin; Hasil Belajar; Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media buletin yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 1 Nglumpang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research and Development dengan melakukan langkah dari model pengembangan ADDIE. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas 4 sejumlah 13 anak. Aspek yang divalidasi oleh validator yaitu aspek konten dan aspek desain media. Kepraktisan buletin diketahui dengan memberikan angket respon kepada peserta didik. Efektivitas buletin diketahui dengan memberikan tes kepada peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik mixed methode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) proses pengembangan media buletin dilakukan melalui 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. 2) media buletin dinyatakan sangat valid ditunjukkan dari hasil validitas koten dan desain media yang mendapat rata-rata persentase sebesar 85%. 3) media buletin dinyatakan sangat praktis ditunjukkan dari hasil respon positif peserta didik yang memperoleh persentase sebesar 96% yang termasuk pada kategori sangat baik. 4) media buletin dinyatakan cukup efektif ditunjukkan dari hasil uji N-Gain sebesar 0,5, sementara itu jika dilihat dari ketuntasan belajar, 100% peserta didik telah mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buletin telah teruji valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Published
2023-02-28
How to Cite
Muhammad Wijayanto, & Hanin Niswatul Fauziah. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN TERINTEGRASI MATERI PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 1 NGLUMPANG. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 277- 291. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i1.1589