Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbasis Petak Umpet Gambar Terhadap Keterampilan Berpikir Kontekstual Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example berbasis petak umpet gambar terhadap keterampilan berpikir kontekstual peserta didik kelas VII di SMPN 5 Ponorogo. Instrumen penelitian ini adalah soal essay yang diberikan setelah implementasi model pembelajaran example non example berbasis petak umpet gambar. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan software minitab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai P-value sebesar 0,00. Karena nilai P-value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran example non example berbasis petak umpet gambar berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kontekstual peserta didik.
References
Aisah, S., & Asmahasanah, S. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Example Non-Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 31–48.
Arianto, H., & Fauziyah, H. N. (2020). Students’ Response To the Implementation of Case Based Learning (Cbl) Based Hots in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058
Embun, S., & Astuti, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Bumi Dan Cuaca Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 1(1), 80–106.
Hafnidar, S., Gani, A., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Pemahaman Peserta Didik SMP Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 61–68.
Hanna, D., Sutarto, S., & Harijanto, A. (2017). Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.
Herwati, Y. (2019). Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 416–425.
Nurhayati, T. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Penerapan Model Examples Non Examples Dengan Media Gambar Seri. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1).
Parhusip, Y. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326.
Purnamasari, H., & Pudjiastuti Sartinah, E. (2019). Permainan Tradisional Petak Umpet Modifikasi Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(3).
Putra, A., & Qodratillah, U. (2015). Pergerakan Pemain dalam Permainan Tradisional Bebentengan sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Aktivitas Gerak Anak. Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 41724.
Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107
Sa’adah, S. N. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Cirebon. Jurnal Syntax Transformation, 1(1), 19–25.
Susanti, R. (2014). Pembelajaran model examples non examples berbantuan powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14.
Yusuf, A., Wanto, N., & Pertiwi, D. (2018). Perbedaan tingkat konsentrasi belajar siswa antara kebisingan lingkungan sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 484–489.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.