Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP

  • Reni Linasari IAIN Ponorogo
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
Keywords: Kemandirian belajar, Minat belajar, IPA

Abstract

Pada dasarnya pendidikan IPA penting untuk diajarkan pada setiap jenjangnya. Pada jenjang SMP pendidikan IPA merupakan sebuah pembelajaran yang diajarkan secara terpadu secara utuh dan tidak dapat dipisahkan. Karena begitu kompleknya pembelajaran IPA maka diperlukan sebuah mental dan minat belajar yang tinggi dalam diri peserta didik. Minat belajar haruslah ditumbuhkan pada diri peserta didik. Karena kompleksnya pendidikan IPA, diketahui semangat dan minat belajar  peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Sambit terhadap mata pelajaran IPA mulai menurun. Menurunnya minat belajar dapat dipengaruhi oleh  rendahnya kemandirian belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang pengaruh kemandirian belajar terhadap minat belajar IPA di SMPN 1 Sambit.  Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap minat belajar IPA kelas VIII di SMPN 1 Sambit. Pendektan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengambilan data dilakukan secara random sampling. Jumlah sampel 56 peserta didik.Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif statistik Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan persamaan persamaan regresi dengan Y= 18.641+ 0,352. Artinya setiap peningkatan satu unit variabel kemandirian belajar akan menyebabkan peningkatan pada variabel minat belajar sebesar 0,352  unit. Besarnya kontribusi kemandirian belajar terhadap minat belajar peserta didik ditunjukkan dengan koefesien determinasi sebesar 0,125. Hal ini berarti bahwa penaikan atau penurunan minat belajar  dipengaruhi oleh kemandirian belajar sebesar 12,5%, sedangkan  87,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Author Biography

Syaiful Arif, IAIN Ponorogo

 

 

 

 

 

 

References

Anis, S., Sugianto, S., & Mosik, M. (2016). Metode Diskusi Buzz Group Dengan Analisis Gambar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/upej.v5i1.12696

Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45.

Cahyani, F. A., & Sulistyaningrum, C. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Kristen 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 12–20.

Fitriani, W. (2020). Artikel Pengenalan Sistem Informasi. https://doi.org/10.31219/osf.io/tr4m7

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS, 3(2), 286–296.

Juniartina, P. P. (2021). Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawan terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(April).

Landak, K. (2020). Frederikus Iren, Sofyan Zainal, Emi Roslinda. 8, 120–135.

Maghfirin, A. M. B., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2021). Pengaruh Tingkat Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada The Effect of the Level of Independent Learning on Student Achievement in Mathematics Lessons during the COVID-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 116–122.

Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879

Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic self-efficacy : Sebuah tinjauan literatur. April. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138

Pangestu, M. S., Sulistiani, I. R., & Zakaria, Z. (2021). Pengaruh Kemnadirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V -B MI Bustanul Ulum Batu. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 116–177.

Pardjono. (2007). Kl. Cakrawala Pendidikan, 26(1), 83–104.

Pratiwi, D., Suendarti, M., & Hasbullah, H. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5083

Rubiyanti. (2017). Pengaruh kemandirian, fasilitas, dan minat belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. JURNAL IDEGURU, 2(1).

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Wal, Z., & Aulia, F. (2019). Kategorisasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Educatio, 14(1), 56. https://doi.org/10.29408/edc.v14i1.1407

Published
2022-07-26
Section
Articles