Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Literasi Sains terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa

  • Wahdatul Fitria Ahfiani IAIN Ponorogo
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
Keywords: Discovery learning, literasi sains, berpikir ilmiah

Abstract

Pada era sekarang peserta didik dituntut mampu berpikir tingkat tinggi. Salah satu keahlian dalam berpikir tingkat tinggi yaitu memiliki kemampuan berpikir ilmiah. Dengan memiliki kemampuan berpikir ilmiah peserta didik dapat berpikir dengan lebih teliti dan meluas. Selain itu dengan memiliki kemampuan berpikir ilmiah maka peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berargumentasi yang sesuai dengan bukti dan pengalaman penyelidikan sains. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir ilmiah peseta didik yang masih kurang yaitu dengan nilai 58. Dengan adanya penelitian ini maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah peserta didik sehingga dapat memenuhi tuntutan era abad 21. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian quasi eksperimen. Bentuk quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah the matching only pretest postest design yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data diperoleh melalui lembar observasi dan tes yang telah divalidasi oleh ahli, serta soal tes berbentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains terhadap peningkatan kemampuan berpikir ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik pada mata pelajaran IPA diketahui berdasarkan hasil uji analisis data uji t two tailed  yang diperoleh hasil P-value sebesar 0,000 dan kurang dari alfa yang bernilai 0,05.

References

Agustina, Rahmi, Ismul Huda, C. N. (2020). Implementasi Pembelajaran STEM Pada Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan Dan Hewan Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 241–156.

Anggraini, Aisyah Fera, Maridi, dan S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas XI IPA Kawasan Pegunungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bioedukatika, 6(2), 102–111.

Effendy, I. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw.dev.100.2.a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.

Fitriyanti, Farida, & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 491–497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376

Hanifah, H., & Retnoningsih, A. (2019). Penerapan Metode Science Literacy Circles Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Materi Perubahan Lingkungan. Indonesia Journal of Conservation, 8(02), 68–78.

Nuha, I. U., & Pertiwi, F. N. (2020). Discovery Learning Assistend by Friendly Model Environmental Teaching Aids That Related to The Student’s Scientific Thingking Abilities. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 3(2), 146–155.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Pendidikan, 2(10), 1308–1314.

Nurya, S., Arif, S., Sayekti, T., & Ekapti, R. F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbasis STEM Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 138–147. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.192

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 34–42.

Wulandari, R. (2016). meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan IPA melalui model discovery learning. Jurnal Lentera Sains Lensa, 6.

York, S., Lavi, R., Dori, Y. J., & Orgill, M. (2019). Applications of Systems Thinking in STEM Education [Research-article]. Journal of Chemical Education, 96, 2742–2751. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00261

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelaaran IPA. Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Published
2023-07-31
Section
Articles