Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Melalui Pembelajaran Group Investigation dengan Pendekatan Science Literacy
Abstract
Pembelajaran IPA yang kurang inovatif akan mempengaruhi pada keaktifan serta hasil belajar siswa kurang maksimal, sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir analitis siswa. Pembelajaran IPA yang inovatif sebaiknya menerapkan model atau metode yang tepat guna atau yang bisa menyesuaikan kemampuan dan keadaan siswa. Maka dari itu diperlukan model pembelajaran Group Investigation berbasis Science Literacy. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis siswa yang signifikan antara model pembelajaran Group Investigation berbasis pendekatan Science Literacy dengan tanpa model pembelajaran Group Investigation berbasis pendekatan Science Literacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes kemampuan berpikir analitis serta analitis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. Berdasarkan hasil data penelitian yang menggunakan model tersebut menunjukkan ketercapaian sebesar 79% pada pertemuan pertama dan 86% pada pertemuan kedua, serta aktivitas siswa sebesar 66% pada petemuan pertama dan 80% pada pertemuan kedua. Uji penggunaan model pembelajaran Group Investigation berbasis Science Literacy terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, nilai hasil uji 1-tailed menunjukkan nilai signifikansi 0,000 <0,05 dan uji 2-tailed 0,000 <0,05.
References
Alivernini, F., & Manganelli, S. (2015). Country, School and Students Factors Associated with Extreme Levels of Science Literacy Across 25 Countries. International Journal of Science Education, 37(12), 1992–2012. https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1060648
Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS (3rd ed.). SAGE Publisher.
Fitriani, F., Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Rasweda Perwitasari, V. S. (2016). Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 87–93. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6107/2569
Singarimbun, M., & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survey. LP3ES.
Siregar, T. R. A., Iskandar, W., & Rokhimawan, M. A. (2020). Literasi Sains melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA SD/MI di Abad 21. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 248–257. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/582
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6
Tsoi, R. M. F., Goh, N. K., & Chia, L. S. (2014). Using group investigation for chemistry in teacher education. 5(1), 1–12.
Widhy, P. (2011). Sains Edutainment Sebagai Upaya Menciptakan suasana Active Joyfull and Effective Learning (AJEL) dan Menumbuhkan Karakter Positif dalam Pembelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan Sains FMIPA UNESA, 1–16.
Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 3(No. 1), 118–129. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/708/572
Winarti. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Dan Evaluasi Mahasiswadalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i1.2350
Zuwariyah, S., Irawan, E., & Artikel, I. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pendekatan Scientific Literacy Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa SMP Riscka. 1(2), 180–128.
Copyright (c) 2023 Erlyza Martiwi Martiwi, Faninda Novika Pertiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.