Efektivitas Model Pembelajaran Problem-based Learning Berbasis Socioscientific terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik

  • Amirul Minin IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan Argumentasi, Problem Based Learning, Socioscientific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII F (eksperimen) dan kelas VIII E (kontrol) dengan jumlah 70 peserta didik. Instrumen penelitian ini yaitu soal tes yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software Minitab. Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa P-Value sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. Model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menantang, peserta didik dapat berpikir kritis dan berdiskusi untuk memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pada konsep yang telah dipelajari.

References

Afisha, H. M., Jalmo, T., & Maulina, D. (2015). Pengaruh Model Problem-based Learning Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(5).

Anggraini, V. D., Mukhadis, A., & Muladi. (2013). Problem-based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 187–195.

Diniya, D., Ilhami, A., P, N. D. P., Mahartika, I., & Prakash, O. (2021). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Calon Guru IPA melalui Pendekatan MIKiR selama Pandemi Covid-19: Journal of Natural Science And Integration 4(1), 141–148.

Fahri, M. B. P. (2014). Penerapan Model Problem-based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3232

Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, D. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP: Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559

Herlanti, Y. (2014). Analisis argumentasi mahasiswa pendidikan biologi pada isu sosiosainfik konsumsi genetically modified organism (GMO): Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 51–59. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2901

Hutama, Fajar Surya. (2015). Pengaruh Model PBL Melalui Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang Pada Mata Pelajaran IPS: Pancaran, 4(2), 83–102.

Imaduddina, M., & Khafidina, Z. (2018). Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues di Abad ke-21. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 01(02), 102–120.

Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA: Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 92–96.

Kumala, G. S. R., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Bernalar dan Argumentasi Melalui Problem-Based Learning. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 14. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.739

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747

Miaturrohmah, M., & Fadly, W. (2020). Looking At a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance (21St Century Skills Study): INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2056

Mulyasari, E., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan uUntuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 186–192. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p186-192

Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis: Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, 4(3), 74–94.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem-based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD: Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Setia, R. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan: Perpustakaan. UPI. Edu, 46–70. http://repository.upi.edu/id/eprint/46136

Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah: Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490

Supriatna, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.398

Tarigan, E. A., & Tarigan, E. A. (2016). Pengaruh Metode Praktikum Berbasis PBL Terhadap Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya: Edusains, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1648

Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik Sma, Man, Dan Perguruan Tinggi Tingkat I: J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30–40. https://doi.org/10.17977/um026v2i22017p030

Wilsa, A. W., Mulyani, S., Susilowati, E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem-based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa: Journal of Innovative Science Education. 6(1).

Published
2022-07-26
Section
Articles