Efektivitas Model Pembelajaran Problem-based Learning Berbasis Socioscientific terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII F (eksperimen) dan kelas VIII E (kontrol) dengan jumlah 70 peserta didik. Instrumen penelitian ini yaitu soal tes yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software Minitab. Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa P-Value sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Ponorogo. Model pembelajaran problem-based learning berbasis socioscientific mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menantang, peserta didik dapat berpikir kritis dan berdiskusi untuk memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pada konsep yang telah dipelajari.
References
Afisha, H. M., Jalmo, T., & Maulina, D. (2015). Pengaruh Model Problem-based Learning Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(5).
Anggraini, V. D., Mukhadis, A., & Muladi. (2013). Problem-based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 187–195.
Diniya, D., Ilhami, A., P, N. D. P., Mahartika, I., & Prakash, O. (2021). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Calon Guru IPA melalui Pendekatan MIKiR selama Pandemi Covid-19: Journal of Natural Science And Integration 4(1), 141–148.
Fahri, M. B. P. (2014). Penerapan Model Problem-based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3232
Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, D. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP: Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559
Herlanti, Y. (2014). Analisis argumentasi mahasiswa pendidikan biologi pada isu sosiosainfik konsumsi genetically modified organism (GMO): Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 51–59. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2901
Hutama, Fajar Surya. (2015). Pengaruh Model PBL Melalui Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang Pada Mata Pelajaran IPS: Pancaran, 4(2), 83–102.
Imaduddina, M., & Khafidina, Z. (2018). Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues di Abad ke-21. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 01(02), 102–120.
Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA: Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 92–96.
Kumala, G. S. R., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Bernalar dan Argumentasi Melalui Problem-Based Learning. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 14. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.739
Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747
Miaturrohmah, M., & Fadly, W. (2020). Looking At a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance (21St Century Skills Study): INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2056
Mulyasari, E., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan uUntuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 186–192. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p186-192
Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis: Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, 4(3), 74–94.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem-based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD: Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Setia, R. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan: Perpustakaan. UPI. Edu, 46–70. http://repository.upi.edu/id/eprint/46136
Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah: Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490
Supriatna, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.398
Tarigan, E. A., & Tarigan, E. A. (2016). Pengaruh Metode Praktikum Berbasis PBL Terhadap Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya: Edusains, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1648
Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik Sma, Man, Dan Perguruan Tinggi Tingkat I: J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30–40. https://doi.org/10.17977/um026v2i22017p030
Wilsa, A. W., Mulyani, S., Susilowati, E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem-based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa: Journal of Innovative Science Education. 6(1).
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.