Analisis Miskonsepsi Ditinjau dari Gaya Belajar dengan Certainty of Response Index

  • Azhar Ayuni IAIN Ponorogo
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
Keywords: Miskonsepsi, Gaya Belajar, Certainty of Response Index, CRI

Abstract

Pada materi getaran, gelombang dan bunyi memiliki berbagai  macam  konsep yang dapat menimbulkan miskonsepsi pada peserta didik. Miskonsepsi dapat terjadi akibat tidak sama antara konsep peserta didik dengan konsep para ahli. Salah satu penyebab miskonsepsi ialah gaya belajar peserta didik. Miskonsepsi membuat peserta didik salah memahami konsep sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal. Peserta didik kelas VIII A MTsN 2 Ponorogo mendapatkan hasil diatas standar minimum yang ditetapkan kecuali materi getaran, gelombang dan bunyi. Sehingga perlu dilakukan analisis dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sehingga dapat didapatkan hasilnya ialah peserta didik gaya belajar  visual memiliki miskonsepsi tertinggi pada miskonsepsi berdasarkan fakta, gaya belajar auditorial miskonsepsi yang tertinggi pada miskonsepsi konseptual yang salah dan gaya belajar kinestetik mempunyai miskonsepsi tertinggi pada miskonsepsi berdasarkan fakta.

References

Asbar. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Persamaan Linear Satu Variabel Dengan Menggunakan Three Tier Test. Skripsi, Universitas Negeri Makasar, 1–82.

Ayu Dewanti, L. (2017). Penerapan Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pdeode Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia Kelas Vii Smp. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 6(01).

Christiani, M., & Yulianti, E. (2021). Identifikasi miskonsepsi materi getaran dan gelombang pada siswa SMP kelas VIII menggunakan three-tier test. 1(4), 304–321. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p304-321

Dyah Ayu Fajarianingtyas, & Yuniastri, R. (2015). Upaya reduksi miskonsepsi siswa pada konsep reaksi redoks melalui model guided Inquiry di SMA Negeri I Sumenep. Jurnal Lentera Sains (Lensa), 5(2), 37–46.

Fatmahanik, U. (2018). Penelusuran Miskonsepsi Operasi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Matematika Pada Mahasiswa PGMI dengan Menggunakan Cri (Certainty of Respon Index). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 167. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1201

Fitria. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Disertai Certaninty Of Response Index (CRI) Pada Materi Usaha Dan Energi. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–118.

Fitria, N. (2016). Merediasi Miskonsepsi Siswa Yang Memiliki Gaya Belajar Visual-Verbal Seimbang Menggunakan Conceptual Change Pada Konsep Ikatan Kimia (Remediation Student’s Misconception Who Have Learning Style Visual-Verbal Balanced With Conceptual Change Of The Concept. UNESA Journal of Chemical Education, 5(2), 257–262.

Hernacki, B. D. dan M. (1992). Quantum Learning: Unleshng The Genius In You (Berilustra). Dell Publishing.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, S. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori Dan Kinestetik Siswa Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 1 Purwontoro). Skripsi, 1–109.

Meylino, R. (2018). Analisis miskonsepsi siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan ditinjau dari gaya belajar. Jember: Skripsi Universitas Jember, 1–105. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85624

Model, P., Change, C., Pendekatan, M., Education, S., Reduksi, T., Tadris, J., Pengetahuan, I., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2021). Pengaruh Model Conceptual Change Melalui Pendekatan Stem Education Terhadap Reduksi Miskonsepsi. April.

Mursidah, R. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis. Jambi : Skripsi Universitas Sultan Thaha Saifuddinn Jambi, 1–156.

Nasution. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. PT. Bumi Aksara.

Nurulwati, Veloo, & Ruslan. (2014). Suatu Tinjauan Tentang Jenis-Jenis Dan Penyebab Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 02(01), 87–95.

Rohmah, R. U., & Fadly, W. (2021). Mereduksi Miskonsepsi Melalui Model Conceptual Change Berbasis STEM Education. Mereduksi Miskonsepsi Melalui Model Conceptual Change Berbasis STEM Education, 1(2), 189–198. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/143/99

Soemari, Y. B., Sapri, Maghfiroh, F., Yuniarti, Achaditani, N. M., Variani, R., Tsabitah, A. F., Zulkarnain, A. K., Wahyuningsih, M. S. H., Nugrahaningsih, D. A. A., Akmaliyah, M., Syamsul, E. S., Amanda, N. A., Lestari, D., 2021, scmidt iotc, Sumule, A., Kuncahyo, I., Leviana, F., Xue-, W., Kimia, J. T., … Jubaidah, S. (2020). Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7.

Suniati, N. M. S., Sadia, W., & Suhandana, A. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Tehadap Penurunan Miskonsepsi. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education, 2.

Published
2023-03-31
Section
Articles