Komparasi Jigsaw dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menggali Informasi Peserta Didik

  • Alda Maulidya Anindita IAIN Ponorogo
  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan Menggali Informasi, Jigsaw, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Abstract

Pendidikan IPA abad 21 menuntut peserta didik mampu menganalisis informasi yang diperoleh, sehingga peserta didik harus memiliki kemampuan menggali informasi yang baik. Namun, berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Ma’arif Balong kemampuan menggali informasi peserta didik masih dirasa belum baik, sehingga perlu dimaksimalkan melalui penerapan model Jigsaw dan CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model Jigsaw dan CIRC, serta mengetahui model pembelajaran yang lebih baik terhadap kemampuan menggali informasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen, dan desain penelitian the static-group comparison design. Penelitian dilaksanakan di MTs Ma’arif Balong dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobablity sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel terdiri atas peserta didik kelas VIII B dan kelas VIII A. Instrumen penelitian adalah lembar observasi keterlaksanaan model Jigsaw dan CIRC, serta tes berupa soal uraian yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw dan CIRC termasuk dalam kategori sangat baik. P-Value sebesar 0,013 dan kurang dari 0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil rata-rata tes peserta didik yang menggunakan model Jigsaw sebesar 82,11dan model pembelajaran CIRC sebesar 88,33. Maka dapat disimpulakn bahwa model CIRC lebih baik daripada model Jigsaw terhadap kemampuan menggali informasi peserta didik.

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah: Lantanida Journal, 5(1), 13–28.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) Vol. 392, Issue 2. https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Algifahmy, A. F. (2019). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Mahasiswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 29–38. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.169

Alsa, A. (2010). Pengaruh Metode Belajar Jigsaw terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Mahasiswa Fakultas Psikologi: Jurnal Psikologi, 37(2), 165–175.

Aminah, H. S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD: Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 93–100.

Astutik, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Penting dengan Teknik 5W+1H Berbantuan Video pada Siswa Kelas VI: Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1647–1652. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1557

Atmaja, H. (2017). Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor) serta Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia. https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Fitri, A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/459

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail (ed.); 1st ed.). Makasar: Gunadarma Ilmu.

Jannah, M. (2016). Efektivitas Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan Jigsaw dalam Pembelajaran Membaca Intensif: METAFORA, 2(2), 211–237.

Kholifah, N., & Irawan, E. (2021). Komparasi Kemampuan Menggali Informasi Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Feedback pada Mata Pelajaran IPA: Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 364–374.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.

Musa. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Melalui Cooperated Integrated Reading And Composition (CIRC) Bagi Siswa SMA Kelas XI IPA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 522–534.

Nazilah, F., Iswara, P. D., & Sudin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menggali Informasi dari Teks Wawancara dalam Bahasa Indonesia Tulis dengan Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV B MI Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang): Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 131–140. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9535

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Nurohman, A. (2014). Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global: Jurnal Kependidikan, II(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.537

Reysne, F. (2014). Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Pranata dan Penyimpangan Sosial Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Paringin Kabupaten Balangan Tahun Pelajar: Jurnal Socius, 3(2), 1–46. http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v3i2.3259

Riswanda. (2020). Pengaruh Karakteristik Peserta Didik terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 3(4), 823–827.

Rofi’i, M. I., & Purbaningrum, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunarungu: Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1–12.

Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 249–265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104

Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa): INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922

Sugiono. (2012). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarini, A., Susilowati, E., & Martini, K. S. (2013). Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Jigsaw dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 77–84.

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu: Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas): Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Utomo, A. A., Imron, A., & M, S. (2017). Pengaruh Penjelasan Guru terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah: PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(8), 1–12.

Wahyuni, Sinta. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh, Provinsi Jambi: UNES Journal of Education Scienties, 2(2), 175–183.

Wahyuni, Sri. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP: Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 196–203. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585

Published
2022-07-26
Section
Articles