Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Mind Mapping

  • Addiliya Vida Dewi Zahro IAIN Ponorogo
  • Sofwan Hadi IAIN Ponorogo
Keywords: Children Learning In Science (CLIS), Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Rasional

Abstract

Semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) membuat dunia pendidikan harus mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir dalam menyelesaikan permasalahan yang berkembang di sekitarnya. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan yaitu  kemampuan berpikir rasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir rasional peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jenangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental.  Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian. Data hasil penelitian di analisis menggunakan deskriptif kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan statistik inferensial setelah dilakukan uji pra syarat. Berdasarkan hasil olah data yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir rasional di kelas eksperimen dan kontrol. Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan model direct instruction. Sehingga  model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir rasional. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan  mengajak peserta didik untuk aktif dalam mengembangkan ide yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan.

References

Anwar, M., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Penerapan pembelajaran clis ( children learning in science) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(4), 154–159.

Ardiana, N., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2017). Penerapan Pembelajaran CLIS pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 311–320.

Arif, S., & Muchlash, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dengan Teknik Buzz Group terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa. Journal Of Natural Science and Integration, 4(2), 253–267.

Aristiyani, Y. (2017). Peningkatan keterampilan berpikir dan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model CLIS pada pembelajaran ipa siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, I(1), 64–71.

Astuti, Y. P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 83–90.

Budiarti, L. P. Y., Raga, G., & Sudhita, I. W. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD Pendidikan Ganesha, 2(1).

Estuningsih, W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Kelas VA SDN Sidotopo Surabaya. Jurnal PGSD, 3(2), 369–378.

Galuh, B. P. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Subkonsep Pencemaran Air. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 1–7.

Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.

Iswanto, & Roniwijaya, P. (2017). Pembelajaran Model Mind Map Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kelisrikan dan Instrumen Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Depok Sleman. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 92–105.

Latifah, S., Basyar, S. B., & Sasmiyati, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Pemahaman Konsep dan Kecakapan Berpikir Rasional Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, VII(2), 156–169.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Edureligia, 2(2), 94–100.

Marlina, Zainuddin, & Annur, S. (2013). Keefektifan Model Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 237–244.

Noeraida. (2014). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP menjelang Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan, 43(1), 25–31.

Nurachman, D. E., & Irawan, E. (2020). Effectiveness of Blended Learning Based on Constructive Feedback in Improving Rational Thinking Ability of Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 34. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2055

Panggabean, F., Simanjutak, M., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIIPAI), 2(1), 7–12.

Pawari, O., Sinta, V., & Rohmah, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science ( CLIS ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 35–44.

Ratnasari, D., & Radiyono, Y. (2017). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran CLIS ( Children Learning In Science ) dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. 3(1), 111–118.

Septiyani, T., Hartini, S., & Salam, A. (2018). Penerapan Model Children Learning in Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. 2(2), 75–85.

Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” 6(2), 30–44.

Zulva, R. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback. Ilmiah Pendidikan Fisika, 05(1), 61–69. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.106

Published
2022-07-26
Section
Articles