Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Pembelajaran IPA
Abstract
Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari sehingga kemampuan berpikir logis sangat diperlukan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran. Peralihan sistem pembelajaran daring menuju luring menyebabkan kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran IPA cenderung rendah. Sehingga upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbasis STEM, karena model ini dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan menghubungkan pada kehidupan sehari-hari serta meningkatkan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, mengetahui efektivitas model pembelajaran CTL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir logis siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan lembar keterlaksanaan dan aktivitas siswa serta soal tes kemampuan berpikir logis. Analisis penelitian menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa berjalan lancar dengan kategori baik. Kemudian pada hasil uji-t dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan uji N-Gain menghasilkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu sebesar 57,2496. Sehingga model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis STEM berpengaruh dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa
References
Adib, H. S. (2015). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi, 139–157. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3504/2963
Anggraini, D., & Irawan, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VII pada Tema Pencemaran Lingkungan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 228–238. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta
Arifin, R., & Irawan, E. (2020). Integrative Science Education and Teaching Activity Journal The Effectiveness of Discovery Learning with Truth or Dare Technique in Improving Students ’ Logical Thinking Ability. Insecta, 1(2), 121–129. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta
Belajar, H., & Cerpen, M. (2018). Penerapan Pembelajaran CTL untuk Menigkatkan Hasil Belajar Menulis Cerpen. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 126–141. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/12579/10791
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fiteriani, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103–120. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1322/1059
Hendrayana, S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 73–98. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v2i1.471
Hifni, M., & Turnip, B. M. (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Proses Dains Dan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2563
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Authentic Assessment in Islamic Education. Jurnal Kajian Peradaban Islam 3, 3(1), 1–9. https://jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/36/18
Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 144–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578
Kegiatan, M., & Warna, B. (2021). Kata Kunci : Kegiatan Bermain Warna, Metode Eksperimen, Kemampuan Berpikir Logis. Journal of Early Childhood Education Studies 1, 1(2), 37–70. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/joeces/article/view/3415/2417
Metriasif, A., Sudarma, & Wibawa, C. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konteksual Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Bberpikir Rasional IPA Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.889
Meulaboh, M., & Pahlawan, J. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang | 18. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 18–36. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232/218
Nafrin, I. A. (2021). PENDIDIKAN Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 Abstrak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/324/pdf
Peningkatan, D., Ipa, P., Kelas, S., & Sd, I. I. I. (2019). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Konkret dalam Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Hukum, 1(1), 1–11. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alimu/article/view/3401/2490
Ratna, M. (2015). Pengaruh Metode CTL Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 114 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 254–265. https://doi.org/10.21009/JPD.062.07
Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri cabang Kediri. Dedikasi Nusantara, 1(1), 18–24. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/16065/2102
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Penerapan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas V SDN Inpres Balaroa Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 5–24. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/116/156
Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, N. (2020). Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 13–22. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Wahono, B., Lin, P., & Chang, C. (2020). Evidence of STEM enactment effectiveness in Asian student learning outcomes. International Journal of STEM Education, 7(36), 1–18. https://doi.org/10.1186/s40594-020-00236-1
Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Implementasinya dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1), 42–60. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/84
Copyright (c) 2023 Ariana Amalia Annisa, Ulum Fatmahanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.