Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Materi Perubahan Iklim

  • Siti Zuwariyah IAIN Ponorogo
  • Edi Irawan IAIN Ponorogo
Keywords: berpikir logis; discovery learning; mind mapping;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan pembelajaran model discovery learning berbantuan mind mapping, 2) keefektifan model discovery learning berbantuan mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis pada materi perubahan iklim di SMPN 1 Balong. Penelitian ini menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A (kelas kontrol) dan VII B (kelas eksperimen) yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik serta dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik. Temuan lain dalam penelitian yaitu: 1) proses pembelajaran berjalan dengan baik, 2) nilai hasil belajar kelas eksperimen dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis lebih baik daripada kelas konvensional. Saran dalam penelitian yaitu diharapkan untuk menggunakan model discovery learning karena model ini dapat membangun kemampuan peserta didik dalam berpikir dan sarana belajar.

References

Andriawan, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3(2).

Arifin, R., & Irawan, E. (2020). The Effectiveness of Discovery Learning with Truth or Dare Technique in Improving Students’ Logical Thinking Ability. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 121–129. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2388

Bancong, H. (2013). Profil Penalaran Logis Berdasarkan Gaya Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).

Cahyani, M. R. T., Dwiastuti, S., & Maridi, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. BIO-PEDAGOGI, 3(2), 95–100.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Cochran, W. G. (1977). Sampling Techniques Third Edition. America: simultaneously in Canada

David, M., Susanti, D., & Kurniasih, R. (2020). Pedagogical Use of Dramatic Performance Through Science Subject for Peace Education in Paraguay. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 110–120. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2182

Dewi, L. A. C., Kristiantari, R., & Suniasih, N. W. (2019). MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING BERPENGARUH TERHADAP PENGUASAANKOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(1), 1–6.

Hariyanto, A. (2017). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi Phet Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.321

Hifni, M., & Turnip, B. (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Macromedia Flash terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2563

Irliyani, F., Kusasi, M., & Hamid, A. (2018). Implementasi Model Discovery Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 2(1), 17–24.

Jaapar, M. A. G., Odja, A. H., & Buhungo, T. J. (2020). Validity Analysis of Android-Based Discovery Learning Learning Model To Improve the Understanding of the Physical Concepts. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 168–174. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2344

Lailasari, Z. R. W., Utami, B., & Indriyanti, N. Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map Di Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), 316. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i2.25908

Nugraha, T. S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7154

Purwanto, A. (2012). Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. EXACTA, 10(2), 133–135.

Sayekti, E., Suwono, H., & Sueb, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 550–555.

Siregar, Syofyan. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Indonesia:Kencana.

Susanti, E., Ratnawulan, R., & Kamus, Z. (2015). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 6 Bukittinggi. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 5(1).

Swestyani, S., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSIDI KELAS XI MIA 1 SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. BIO-PEDAGOGI, 5(1), 20–24.

Turrahmah, M., Susilawati, S., & Makhrus, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha dan Energi terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 118. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1329

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 1. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.300

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Wijaya, T., Rustiyarso, R., & Supriadi, S. (n.d.). MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12).

Zein, S. Z., Yasyifa, L. Y., Ghozi, R. G., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Teknologi Pembelajaran, 4(2).

Published
2021-03-22
Section
Articles