Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi

  • Ariza Rahmadana Hidayati IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN Ponorogo
Keywords: Berpikir kritis; Pendidikan; Pendidikan IPA;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA khususnya materi bioteknologi di kelas IX SMP Maarif 1 Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chroscheck sectional Survey. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan Claster Random Sampling, dimana peneliti melakukan acak sembarang dan diperoleh Kelas IX A yang terdiri dari 25 siswa di SMP Maarif 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Tes diberikan kepada siswa kelas IX A, observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, serta wawancara dilakukan terhadap guru IPA. Adapun wawancara yang digunakan bersifat terbuka. Instrumen tes pada penelitian ini adalah berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Pada setiap item soal memuat 4 aspek, yaitu: (1) interpretasi, (2) analisis, (3) evaluasi, (4) inferensi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX A SMP Maarif 1 Ponorogo pada materi bioteknologi masih kurang dengan nilai rata-rata 40,62. Keterampilan berpikir kritis siswa paling banyak muncul pada indikator interpretasi. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya pola pikir dalam memecahkan masalah dan pemahaman dari setiap materi yang telah disampaikan. Oleh sebab itu guru sangat berperan penting dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis dari siswa

References

Afdila, N. (2020). A secondary School Student’s Critical Thinking Ability Profile in Natural Science Subject Matters Based on Learning Style. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2230

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53.

Agustin, Y., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(3), 140966.

Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berbasis Sets. Natural Science Education Research, 1(1), 57–64.

Fitriani, D. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi pesawat sederhana kelas V SDN gedangan kabupaten tulungagung. Simki-Pedagogia. No. 4

Husnah, M. (2017). Hubungan tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 1(2), 10–17.

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Jannah, I. N., Chamisijatin, L., & Husamah, H. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELEJARAN IPA DI SMPN XY KOTA MALANG. Jurnal Biotek, 6(1), 1–14.

Luzyawati, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA materi alat indera melalui model pembelajaran inquiry pictorial riddle. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 5(2), 9–21.

Norhasanah. (2018). Kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1

Nugraha, W. S. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurkholifah, S., Winarso, W., & Toheri, T. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. EDUMATICA Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93.

Rokayana, N. W. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. SEJ (Science Education Journal), 1(2), 84–91.

Sari, T. A., Hidayat, S., & Harfian, B. A. A. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN KALIDONI DAN ILIR TIMUR II. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 183–195.

Sulistiono, E., & Rahayu, Y. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Berorientasi Penyelesaian Masalah. Jurnal Pena Sains, 1(2), 46–55.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di kabupaten magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 223–231.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, Masykuri, M., Widoretno, S. (2017). Profil keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah dalam pembelajaran kimia. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2

Wafi, U. H., & Arif, S. (2020). The Effect Of The Application Of The Guided Inquiry Model With The Problem Solving Approach On Students ’Observation Skills In Additive And Addictive Materials. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 143–154. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2393

Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.

Published
2021-03-22
Section
Articles