Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat

  • Fitriani Fitriani IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
  • Ulinnuha Nur Faizah IAIN Ponorogo
Keywords: Ketrampilan berpikir analitis, Pembelajaran Abad-21, Pembelajaran IPA

Abstract

Ketrampilan berpikir analitis, sebagai kemampuan berpikir tingkat tingi dengan menerapkan penalaran  yang begitu kompleks sehingga menjadi sangat penting untuk dimilki oleh peserta didik dalam menghadapi persoalan dan permasalahan di abad 21 yang mana peserta didik akan dihadapkan pada permasalahan global yang semakin meningkat.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperiment kuantitatif-kualitatif dengan analisis data melalui pendekatan deskriptif. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengukur taraf ketrampilan berpikir peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IX-E SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh dengan mengukur 6 indikator ketrampilan berpikir analitis (Memahami konsep, Mengidentifikasi, Membedakan, Mengorganisasikan, Menghubungkan dan Aplikatif) uji kemampuan melalui pemberian tes soal uraian dan tabel, dan dari hasl rata-rata yang diperoleh dapat diketahui bahwa tingkat ketrampilan berpikir analitis peserta didik sebesar dan berada pada level yang rendah

References

Asih, W. W., & Eka, S. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Bambang, S. (2016). Pengelolaan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Menanggulangi Miskonsepsi di SD Kepahiang. Manajer Pendidikan, 10(6).

Dawati, H. N. M., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Analitis pada Model Problem Based Learning Disertai Mind MAP dengan Kelas Konvensional pada Kelas X IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 102-113.

Endang, W., Laksono, Eli, R., Suyanta, & Irwanto. (2017). Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Analitis dan Ketrampilan Proses SAINS. Jurnal Pendidikan, 1(1), 100-110.

Etistika, Y. W., Dwi, A., & Amat, N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 2.

Fatma, M. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Matematis Mahasiswa pada Perkuliahan Analisis Riil. Jurnal Aksiomatik, 4(3), 1232-1241.

Klaudius, W., & Rohaeti, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Ketrampilan Proses Sains Peserta didik SMA. JTK Jurnal Tadris Kimia, 3(1), 42-51.

Lopez, J. E., & Tancinco, N. P. (2016). Students Analytichal Thinking Skilss and Teachers Instructional Practies in Algebra in Selected State Universitis and Collegers in Region VII. International Journal of Engineering Sciences & Research Technology, 5(6), 681-69.

Mukminan. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan. Seminar Nasional Tekonologi Pendidikan. Surabaya: Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNESA

Nawawi, S., Oktaviani, F, & Nurul. (2017). Pengaruh Generatvie Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan model pembelajaran, 2(2).

Qomariya, Y., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Natural Science Education Research, 1(1), 9–18.

Redhana, W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suherman, E., & Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Sulastri, S., & Pertiwi, F. N. (2020). Problem Based Learning Model Through Constextual Approach Related With Science Problem Solving Ability of Junior High School Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 50. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2059

Taleb, H. M., & Chadwick, C. (2016). Enhancing Student Critical and Analytical Thinking Skills at a Higher Education Level in Developing Countries : Case Study of the British University in Dubai. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 6(1), 67-77.

Tang, K. N., & Assiti, K. K. (2017). Development of Analitychal Thinking Skills Among Thai University Student. . The Turkish Online Journal of Educational Technology, 862-869.

Thaneerananon, T., Triampo, W., & Nokkaew, A. (2016) Development of a Test to Evaluate Students’ Analytical Thinking Based on Fact versus Opinion Differentiation. International Journal of Instruction, 9(2), 1308-1470.

Winarti. (2015). Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran, 2(1), 9-24.

Zulfa, A. R., & Rosyidah, Z. (2020). Analysis of Communication Skills of Junior High School Students on Classification of Living Things Topic. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 78. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2078

Published
2021-03-22
Section
Articles