Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema Struktur dan Fungsi Tumbuhan

  • Fatkul Jannah IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
  • Aristiawan Aristiawan IAIN Ponorogo
Keywords: karakter; rasa ingin tahu; questioning; explorer; discover; adventurous; absorbtion

Abstract

Tujuan penelitian ini siswa diharapkan dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu pada mata pelajaran IPA sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu dengan teknik claster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis dan wawancara dengan guru serta siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dari hasil nilai yang diujikan ke siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata seluruh indikator rasa ingin tahu siswa masih belum mencapai nilai yang diharapkan atau masih belum tuntas. Namun,  berdasarkan penelitan yang telah dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Rasa Ingin Tahu siswa mencapai skor tertinggi pada indikator Adventurous, sedangkan skor terendah yaitu pada indikator Discover. Sehingga rata-rata kemampuan Rasa Ingin Tahu siswa berjumlah 68,4 yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah cukup baik pada karakter Rasa Ingin Tahu yang ditinjau dari keseluruhan nilai tiap indikator.

References

Ciptasari, D., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2015). Pembelajaran Zat Adiktif dan Psikotropika Berpendekatan Contextual Teaching and Learning untuk mengembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1).

Hidayati, K. (2020). Comparison of Science Learning Outcome Between Using and Do Not Using Picture Media on State Islamic Elementary Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 69. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2092

Jaya, I. M., Sadia, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guided inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Loewenstein, G. (1994). The psychology of curiosity: A review and reinterpretation. Psychological Bulletin, 116(1), 75.

Miaturrohmah, M., & Fadly, W. (2020). Looking At a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance (21St Century Skills Study). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2056

Muhammad, S. N., Listiani, L., & Adhani, A. (2018). Hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 112–116.

Novelyya, S. (2019). Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual.

Nuvitalia, D., Patonah, S., & Ernawati, S. (2016). DIMENSI RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERGA PENJERNIHAN AIR. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 10–17.

Oktaviani, W., Chan, F., Hayati, D. K., & Syaferi, A. (2021). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 109–123.

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). MENGUKUR RASA INGIN TAHU SISWA [MEASURING STUDENTS’CURIOSITY]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151–164.

Rowson, J., Young, J., Spencer, N., Lindley, E., & Gecius, E. (2012). The power of curiosity: How linking inquisitiveness to innovation could help to address our energy challenges. London: RSA Social Brain Centre.

Salirawati, D. (2012). Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Published
2021-03-22
Section
Articles