Kajian Blended Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Pandemi COVID-19 mengakibatkan berbagai perubahan salah satunya di bidang pendidikan. Kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring menuntut guru untuk menciptakan inovasi model pembelajaran yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, model pembelajaran blended learning hadir sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji segala sesuatu yang berkaitan dengan model pembelajaran blended learning, efektifitas penerapan blended learning, serta kelebihan dan kelemahan dalam proses penerapannya di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan literature review. Adapun sumber data yang digunakan yaitu berbagai jurnal ilmiah dan literatur lain yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran blended learning dinilai sangat efektif diterapkan pada masa pandemi COVID-19 karena dapat meminimalisir tatap muka secara langsung dan melibatkan teknologi yang ada sebagai media pembelajaran. Kelebihannya yaitu lebih fleksibel, efektif, efisien, jangkauan lebih luas, bervariasi, menarik dan mudah diakses. Sedangkan kelemahannya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, fasilitas tidak mendukung, kurangnya penguasaan teknologi dan kreativitas sumber daya manusia. Berdasarkan hasil temuan, penulis mengharapkan penerapan model blended learning dapat dijadikan sebagai satu langkah lebih maju bagi perkembangan pendidikan di Indonesia menuju sistem pendidikan yang lebih baik dan modern.
References
Basalamah, I. (2020). Implementasi Blended Learning Di Masa Pandemi COVID-19 Pada STIE Wira Bhakti Makassar. AkMen Jurnal Ilmiah, 17(4), 529-538. Diakses dari https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/1164
BBC. (2020, Maret 11). Coronavirus confirmed as pandemic. BBC News. Diakses dari https://www.bbc.com/news/world-51839944
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. Diakses dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94. Diakses dari https://jurnal-tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/84
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M. Diakses dari http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30625
Humasah. (2013). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Husamah, H. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Research Report. Diakses dari http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/download/1171/ 1351
Imtikhani, L., Arrazi, R. M., & Al Amjad, M. D. (2020). Peran Pendampingan Belajar Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Siswa Sekolah Dasar. KKN BMC UNNES. Diakses dari https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3308122021_6_ Desa%20Banjaragung_20200924_230820.pdf
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Manggabarani, A. F., Sugiarti, S., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 17(2), 83-93. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4688
Nadziroh, F. (2017). The Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 1–14. Diakses dari https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/28
Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 9(1), 52-68. Diakses dari http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/8413
Rahmati, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Di SMAN 1 Dewantara Aceh Utara. Al-Karim, 6(1), 114-135. Diakses dari http://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/alkarim/article/view/247
Setiawan, T. H., & Aden, A. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa melalui Jejaring Schoology di Masa Pandemi COVID-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 493-506. Diakses dari https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/5366
Suhairi, S., & Santi, J. (2021). Model Manajemen Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Di SMP Negeri 01 Kisam Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4). Diakses dari http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2472
Suhartono, S. (2017). Blended Learning Approach Initiating Application In Primary School. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2). Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/9379
Trisniawati, U. M. (2021). Implementasi pembelajaran Blended Learning di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di MTs Al-Muslimun Lamongan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/47444/2/Ulfa%20Mei%20Trisniawati_D91217072.pdf
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18. Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan. PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9144/44.pdf?sequence=1
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1). Diakses dari http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.