Analisis Buku Ajar IPA SMP pada Materi Hukum Newton Ditinjau dari Aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS)

  • Nimas Arma Nissa STKIP MODERN NGAWI
  • Arifian Dimas STKIP Modern Ngawi
Keywords: Buku AJar, Hukum Newton, Higher Order Thingking Skills

Abstract

Guru membutuhkan media untuk memperjelas penyajian isi, mengatasi kendala ruang, menarik perhatian dan mendorong siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Buku ajar merupakan alat dan media pembelajaran yang penting yang dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis 2 buku ajar IPA SMP pada materi Hukum Newton dari aspek High Order Thinking Skill (HOTS) buku IPA untuk siswa SMP dan MTs kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 oleh Pusat Kurikulum dan Buku Balitbang Kemendikbud sebagai buku ajar 1  dan buku IPA untuk siswa SMP dan MTs kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 oleh Penerbit Erlangga sebagai buku ajar 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode kualitatif berdasarkan ciri-ciri HOTS dalam buku ajar dan teknik kuantitatif untuk mendeskripsikan dan menghitung persentase HOTS dalam buku ajar. Instrumen yang diperlukan untuk pengumpulan data yaitu lembar analisis yang memuat indikator HOTS yang sesuai dengan Taksonomi Bloom revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan HOTS dalam buku ajar 1 sebesar 50% sedangkan muatan HOTS dalam buku ajar 2 sebesar 16,6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat muatan HOTS dalam kedua buku ajar. Akan tetapi buku ajar 1 lebih layak digunakan dalam proses pembelajaran materi Hukum Newton ditinjau dari aspek HOTS.

References

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2002). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. In Theory Into Pratice (Vol. 41, Issue 4). College of Education, The Ohio State University

Andriani, R. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Masalah pada Materi Hukum Newton di MTS Islamiyah Pontianak. Universitas Tanjungpura, Pontianak

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Dimas, A., dan Susdarwati. 2020. Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6 (4), ISSN : 2461-1247 E-ISSN : 2477-5142

Khasani, R., Ridho, S., & Subali, B. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 165. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.192

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory into practice 41(4), 212-218

Misrom, N.S., Abdurrahman, M.S., Abdullah, A. H., Osman, S., Hamzah, M.H., & Fauzan, A. (2020). Enhancing Students’ Higher-Order Thingking Skills (HOTS) Through an inductive Reasoning Strategy Using Geogebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 156-179. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.9839

Nuraini, S., Distrik, I. W., & Suana, W. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Blended Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skilss. Journal of Physics and Science Learning 2 (1), ISSN : 2614-0950

Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pojok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. ISBN: 978-602-19655-8-0. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS), Bandung, Indonesia.

Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bermuatan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Dasar. Elementary School 6, 6(1), 27-31. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6il.95.

Risma, M., Rahmayani, R., & Handayani, F. (2019). Analisis Konten Buku Teks IPA Terpadu kelas VIII Semester 1 Ditinjau dari Aspek Literasi Saintifik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 200. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/396.

Saputra, Hatta. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Suci, I. E., Martini. & Purnomo, A. R. (2021). Analisis Muatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Buku Ipa Kelas VIII SMP Bab Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Pensa E-Jurnal : PendidikanSains,9(3),316-324.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.

Sutanto, Agus. (2016). Ilmu Pengetahuan Alam untuk AMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Edisi revisi. Jakarta : Erlangga

Widana, Wayan,I. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, Umar, & Nursaptini. (2019). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1-13. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744.

Wisuawati, Asih Widi., dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidah, Siti dkk. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Edisi revisi. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Published
2022-03-31
Section
Articles