Dampak Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam IAIN Ponorogo

  • Muhammad Iqbal IAIN Ponorogo
  • Fika Septiana Sari STITNU Al-Hikmah Mojokerto
Keywords: dampak pembelajaran daring, pandemi covid-19, Mahasiswa IPA

Abstract

Pandemi virus Covid-19 yang melanda banyak negara di dunia termasuk di Indonesia memberikan bebagai pengaruh di bidang pemerintahan Indonesia termasuk pada bidang pendidikan. Pembelajaran dengan sistem daring merupakan sebuah solusi dari pemerintah untuk menanggulangi penyebaran dari virus ini agar pendidikan tetap dapat berjalan. Namun, dalam pelaksanaannya pembelajaran daring ini juga berdampak pada berbagai aspek dalam perkuliahan mahasiswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang apa saja dampak dari pembelajaran daring ini pada mahasiswa Tadris IPA IAIN Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif  deskriptif dengan teknik wawancara dan survey terhadap responden yaitu mahasiswa IAIN Ponorogo dari angkatan 2017-2020. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pembelajaran daring memberikan dampak yang positif seperti menjaga jarak agar terhindar dari virus Covid-19, menambah pengalaman dengan sistem pembelajaran baru, dan menghemat anggararn dalam melaksanakan perkuliahan. Sedangkan dampak negatif dari sistem daring ini adalah bisa terganggunya kesehatan mata karena sistem daring menggunakan media layar hp dan laptop yang cukup lama, susahnya beberapa materi dipahami karena menggunakan sistem daring, dan ketergantungan dengan sinyal karena sistem pembelajaran daring sangat membutuhkan sinyal yang baik.

References

Arum, A E, and E Susilaningsih. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar.” Prosiding Seminar Nasional …, 438–44. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/578/496.

Fauziyah, Nureza. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam.” Al-Mau’Izhoh 2 (2): 1–11.

Fikri, Muhammad, Muhammad Zaki Ananda, Nadiyatul Faizah, Rena Rahmani, Sefti Adelia Elian, and Ade Suryanda. 2021. “Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis” 9 (1): 145–48. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290/1270.

Gusti, Ade Rahma, Yesy Afriansari, Della Verta Sari, and Ahmad Walid. 2020. “Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu Dengan Menggunakan Media Whatsapp.” Diffraction 2 (2): 65–73. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/2411.

Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH).” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (3): 465–503.

Hanisa, Resti Sekar. 2020. “DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERILAKU- PERILAKU RELIGIUS DI TENGAH SITUASI SOCIAL DISTANCING AKIBAT PANDEMI COVID-19 Resti Sekar Hanisa.” Al Ulya Jurnal Pendidikan Islam 5 (2): 226–38.

Hutauruk, Agusmanto, and Ropinus Sidabutar. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif.” Journal of Mathematics Education and Applied 02 (01): 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364.

Khurriyati, Yulia, Fajar Setiawan, and Lilik Binti Mirnawati. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Pendidikan Dasar VIII (1): 91–104.

Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–91.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6 (2): 214–24. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Santaria, Rustan. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru Dan Siswa Pendahuluan” 3 (2): 289–95.

Supardi, Supardi U.S., Leonard Leonard, Huri Suhendri, and Rismurdiyati Rismurdiyati. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 (1): 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86.

Susilo, Adityo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, et al. 2020. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7 (1): 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5 (1): 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Published
2022-03-31
Section
Articles