Pola Argumentasi Peserta Didik Terhadap Resiko Masalah Sosiosaintifik Pada Materi Bencana Alam

  • Predy Siswanto IAIN PONOROGO
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Pola argumentasi, Resiko, Masalah sosiosaintifik, Bencana alam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola argumentasi peserta didik terhadap resiko masalah sosiosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain naturalistik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur kepada peserta didik kelas IX MTs Ma’arif Klego dengan jumlah responden 8 siswa. Analisa data menggunakan model analisa Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola argumentasi peserta didik ketika dihadapkan resiko masalah sosiosaintifik terdapat 6 macam pola yaitu, pola argumentasi kehati-hatian dengan keputusan mengungsi ke tempat yang aman, pola argumentasi resiko kecil dengan keputusan mempelajari tanda-tanda gunung meletus, pola argumentasi pro dengan keputusan melakukan doa, pola argumentasi kontra dengan keputusan mengungsi ke tempat yang aman, pola argumentasi resiko relatif dengan keputusan melakukan adat istiadat dengan tanggapan sedang, dan pola argumentasi yang tidak mungkin keputusan dengan keputusan tidak menghiraukan kepercayaan daerah lain.

References

Christenson, N., Gericke, N., & Rundgren, S.-N. C. (2017). Science and language teachers’ assessment of upper secondary students’ socioscientific argumentation. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(8), 1403–1422.

Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67.

Faiqoh, N., Khasanah, N., Astuti, L. P., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. (2018). Profil keterampilan argumentasi siswa kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada materi keanekaragaman hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174–182.

Farida, B. N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Isu Sosiosaintifik Dalam Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit.

Foong, C.-C., & Daniel, E. G. S. (2013). Students’ argumentation skills across two socio-scientific issues in a Confucian classroom: Is transfer possible? International Journal of Science Education, 35(14), 2331–2355.

Herlanti, Y. (2014). Analisis Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Isu Sosiosainfik Konsumsi Genetically Modified Organism (GMO). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Kolsø, S. D. (2001). ’To trust or not to trust, …-pupils’ ways of judging information encountered in a socio-scientific issue. International Journal of Science Education, 23(9), 877–901. https://doi.org/10.1080/09500690010016102

Kolstø, S. D. (2006). Patterns in students’ argumentation confronted with a risk‐focused socio‐scientific issue. International Journal of Science Education, 28(14), 1689–1716.

Lin, S.-S., & Mintzes, J. J. (2010). Learning argumentation skills through instruction in socioscientific issues: The effect of ability level. International Journal of Science and Mathematics Education, 8(6), 993–1017.

Miaturrohmah, M., & Fadly, W. (2020). Looking at a portrait of student argumentation skills on the concept of inheritance (21st century skills study). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 17–33.

Patronis, T., Potari, D., & Spiliotopoulou, V. (1999). Students’ argumentation in decision-making on a socio-scientific issue: implications for teaching. International Journal of Science Education, 21(7), 745–754.

Pritasari, A. C., & Dwiastuti, S. (2016). Improvement Of Argumentation Skill Through Implementation Of Problem Based Learning In X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta In The Academic Year 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1).

Rahayu, Y., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia:(Student’s Argumentation Skills on Motion Systems Material at SMA Negeri Sukabumi-Indonesia). BIODIK, 6(3), 312–318.

Rahmawati, W. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Socioscientific Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Setyaningsih, A., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Parmin, P. (2019). Pengaruh Process Oriented-Guided Inquiry Learning berkonteks isu sosiosaintifik terhadap keterampilan berargumentasi siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 168–179.

Sismawarni, W. U. D., Usman, U., Hamid, N., & Kusumaningtyas, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 10–17.

Suwono, H., & Yulianingrum, E. (2018). Peningkatan Argumentasi Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Pembelajaran Esar (Engage, Study, Activate, Reflect). Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1).

Triani, W., Maryuningsih, Y., Ilmiah, A., & Biologi, P. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues. 8(1), 22–33.

Vitasari, S. D. (2018). Hakikat IPA dalam Penilaian Kemampuan Literasi IPA Peserta Didik SMP. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.

Published
2022-03-15
Section
Articles