Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Presentasi Peserta Didik MTs Kelas VIII
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran think talk write (TTW) dengan pendekatan scientific literacy, (2) mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy dilihat dari keterampilan presentasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Seluruh peserta didik kelas VIII MTs Darul Huda Ponorogo merupakan populasi dalam penelitian ini. Sedangkan peserta didik kelas VIII X dan VIII Y MTs Darul Huda Ponorogo merupakan sampel dalam penelitian yang dilakukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1) pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah dalam kategori yang sangat baik karena sudah sesuai dengan sintaks model TTW, (2) aktivitas peserta didik juga sudah sangat baik karena peserta didik dalam pembelajaran memiliki antusias yang sangat tinggi, (3) untuk model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy efektif terhadap keterampilan presentasi. Hal ini ditinjau dari keterampilan presentasi peserta didik di kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Hal ini terbukti berdasarkan uji T bahwa nilai mean model TTW sebesar 52,47, sedangkan model ceramah memiliki nilai mean sebesar 36,23.
References
Anwar, Y. A. S., Al Idrus, S. W., & Siahaan, J. (2019). Implementasi metode presentasi pada tahap pra laboratorium terhadap kemampuan menulis dan sikap terhadap kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 216–228.
Arohman, M., Saefudin, S., & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 90–92.
Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni [Journal of Physics Education Al-Biruni], 4(2), 179–191.
Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik Dalam Pendidikan ( syarbaini saleh (ed.)). Widya Puspita.
Fajarya, N., & Umar, A. (2017). Analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas X SMA swasta taman siswa Binjai tahun pembelajaran 2016/2017. Basastra, 6(2), 70–79.
Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 119–125.
Hidayati, K. (2020). Comparison of Science Learning Outcome Between Using and Do Not Using Picture Media on State Islamic Elementary Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 69. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2092
Irawan, E. (2014). Pengantar statistika penelitian pendidikan. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Lisnawati, I. (2019). Literat Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1).
Millar, R. (2006). Twenty First Century Science: Insights from the design and implementation of a scientific literacy approach in school science. International Journal of Science Education, 28(13), 1499–1521. https://doi.org/10.1080/09500690600718344
Minarsih, N. M. L., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 35. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24359
Noviarny, A. D. (2018). Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2254
Oktaviyanti, I. (2019). Keterampilan Presentasi Dengan Kemampuan Menjawab Tes Lisan Pada Mahasiswa PGSD UNRAM. Inventa, 3(2). https://doi.org/10.36456/inventa.3.2.a1962
Rahmawati, M. S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bilangan pada Peserta Didik MI Negeri Karang Poh Pulosari Pemalang Melalui Strategi Think Talk Write (TTW). Indonesian Journal of Educationalist, 1(2), 199–210.
Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107
Sawitri Pratiwi, N. P. D., Putra, M., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277
Situmorang, R. P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1). https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wardani, W. K., Asnawati, R., & Sutiarso, S. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 3(2).
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.