Pengaruh Model PjBL Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

  • Itsna Laila Sa'adah IAIN Ponorogo
  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo
Keywords: Project Based Learning (PjBL), Literasi Ilmiah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Literasi Ilmiah, mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Literasi Ilmiah serta mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental One-group Pretest Posttest Design. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes, dan dianalisis menggunakan uji t paired sample t-test. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah menunjukkan nilai persentase sebesar 91,6%. Sedangkan aktivitas siswa selama diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah diperoleh nilai persentase sebesar 84,3%. Berdasarkan uji t Paired sample t-test yang telah dilakukan dengan SPSS nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000, di mana 0,000 < 0,05. Sedangkan uji t paired sample t-test dengan menggunakan minitab memperoleh P-Value sebesar 0,000, di mana 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata N-Gain Score yang didapatkan sebesar 0,578261 dengan peningkatan sebesar 58% yang dikategorikan cukup efektif.  Maka Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmih berpengaruh dengan cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa di tingkat SMP/MTs.

References

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran Project Based Learning – Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Education Journal of Bhayangkara, 1(1), 35–42.

Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11. https://core.ac.uk/download/pdf/267824826.pdf

Dewi, N. K. N. A. S., Garminah, N. N., & Pudjawan, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 8 Banyuning.

Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122–1127.

Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(3), 659–663.

Nurhayati, A. S., & Harianti, D. (n.d.). Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Saputra, Y. E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas XII EI 3 SMK N 3 Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul Model-model Pembelajaran. Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI Tahun 2020.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, 4(1).

Published
2022-03-15
Section
Articles