Efektivitas Model Kooperatif Terintegrasi Nilai Huyula dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep IPA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep IPA terutama konsep kerja dan pesawat sederhana setelah penerapan model kooperatif terintegrasi nilai huyula di MTS Bahrul Ulum Kabupaten Gorontalo. Penerapan perangkat model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar konsep IPA yaitu kerja dan pesawat sederhana pada peserta didik yang terintegrasi dengan nilai-nilai huyula. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dimana satu kelas diberikan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan untuk mengukur perbedaan hasil belajar konsep IPA yaitu kerja dan pesawat sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar baik pilihan ganda maupun tes paparan terkait konsep kerja dan pesawat sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar konsep IPA yang ditunjukkan dengan perbedaan hasil belajar antara hasil pre test dan post test serta uji N-Gain. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa skor posttest siswa secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan skor pretest. Nilai N-Gain hasil belajar peserta didik dari konsep IPA kerja dan pesawat sederhana adalah 0,58 termasuk kategori sedang. Uji efek size dengan menggunakan persamaan Cohen's d diperoleh hasil uji sebesar 1, 64 dan 3, 37 termasuk kategori efek kuat. Kesimpulannya, penerapan model kooperatif terintegrasi nilai huyula pada konsep IPA memiliki dampak positif yang kuat terhadap hasil belajar khususnya konsep kerja dan pesawat sederhana.
References
Ain Rahim, N., Haris Odja, A., Uloli, R., Kudrat Umar, M., Abdjul, T., & Budi Sartika, S. (2024). Development of Learning Tools in the Cooperative Think Pair Share (TPS) Model Integrated with Huyula Values Reviewed from the Cognitive Aspect Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terintegrasi Nilai-Nilai Huyula ditinjau dari Aspek Kognitif Siswa. Science Education Journal (SEJ). https://doi.org/10.21070/sej.v%vi%i.1650
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Budiarti, L., Handayani, T., Cahyandaru, P., & Partini, D. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Metode Demonstrasi pada Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 3(2), 91–96. https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no2.a12656
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge Taylor & Francis Group.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (4th ed.). SAGE Publications.
Fraenkel. Jack R., Norman E. Wallen, & Helen H. Hyun. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Higher Education.
Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2012). Normality tests for statistical analysis: A guide for non-statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 102(2), 486–489.
Gillies, R. M. (2016). Cooperative learning: Review of research and practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39–54.
Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2017). Statistics for the behavioral sciences (10th ed.).
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores* †. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855
Huang, T. A. N., Dewi, W. S., Gusnedi, G., & Sundari, P. D. (2023). Meta-Analysis the Effect of Cooperative Learning Think Pair Share Type on Student Physics Learning Outcomes in Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 1148–1154. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.4810
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2017). The impact of cooperative learning on achievement: Meta-analysis from an international perspective. Journal of Educational Psychology, 109(5), 667–684.
Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552
Modeong, A. M., Odja, A Haris., Junus Buhungo, T., & Abdjul, T. (2024). Development of TPS type cooperative learning tools integrated with huyula values in terms of the affective aspect. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 10(1), 32–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v10i1.20167
Mushtaq, F., Saad Abdullah, M., Naheed, K., Qamar, A., Ali, H., Chughtai, A., & Laique, T. (2021). Students Feedback Regarding the Effectiveness of Think Pair Share Strategy in the Anatomy Class. Pakistan Journal of Medical and Health Sciences, 15(11), 3222–3224. https://doi.org/10.53350/pjmhs2115113222
Muzakir, M., & Suastra, W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Sumber Nilai Pendidikan Di Persekolahan: Sebuah Kajian Etnopedagogi. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 84–95. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6067
Nurjanah, S., Khotimah, D. F., & Susanti, D. (2023). Potensi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis ilmiah pada mahasiswa Tadris IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 252–262.
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353
Purba, E., & Sinaga, P. (2017). The effect of Think Pair Share cooperative learning model on students’ understanding of dynamic electricity concepts. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 125–132.
Putri, N. S. E., Setiani, F., & Al Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5557
Sharan, Y. (2015). Meaningful learning in the cooperative classroom. Education, 3–13(43(1)), 83–94
Shittu Lukman Olayinka. (2024). Assessment of Think-Pair-Share Strategy on Students Self-Esteem Development in Jos North Schools, Plateau State. Matondang Journal, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.33258/matondang.v3i1.1047
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in elementary schools. Education, 43(1), 5–14.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Boston: Allyn & Bacon. Boston: Allyn & Bacon.
Srinadi, N. P. (2023). Improving Student Learning Outcomes Through the Think Pair and Share Model in Chemistry Learning. Pinisi Journal of Education and Management, 2(2), 117. https://doi.org/10.26858/pjoem.v2i2.51415
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. In Alfabeta. Pustaka Pelajar.
Sumantri, M., & Permana, J. (2018). Strategi belajar mengajar. In Dirjen Dikti Depdikbud.
Suprapto, N., Prahani, B. K., & Cheng, T. H. (2021). Indonesian Curriculum Reform in Policy and Local Wisdom: Perspectives from Science Education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 69–80. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.28438
Tamamiyah, L., Solikhah, M., & Dwi Putri Pramesti, G. N. (2023). Analisis Dampak Strategi Guru Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas IX SMP IT Ibnu Khaldun Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1291–1300. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2572
Tohari, M., & Ekapti, R. F. (2024). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan pendekatan Socioscientific Issues untuk meningkatkan rasa empati kognitif peserta didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(2), 242–258.
Topping, K. J. (2005). Trends in Peer Learning. Educational Psychology, 25(6), 631–645. https://doi.org/10.1080/01443410500345172
Udin, N. J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02), 150–161. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.206
Woolfolk, A. (2016). Educational psychology (13th ed.). Pearson Education, Inc.
Copyright (c) 2024 Kevin Worang, Abdul Haris Odja, Trisnawaty Junus Buhungo , Supartin Supartin, Wahyu Mu'zizat Mohamad, Masrid Pikoli, Rasid Yunus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.