Analisis Potensi Museum Kretek sebagai Sumber Belajar IPA dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

  • Yuni Kartika Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Hanik Malichatin Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Literasi Sains, Museum Kretek, Sumber Belajar, Potensi Museum, IPA

Abstract

Pembelajaran yang menarik akan meningkatkan minat belajar peserta didik. Sumber belajar inovatif berupa Museum Kretek akan membantu mengasah kemampuan literasi sains peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis potensi Museum Kretek sebagai sumber belajar IPA dalam mengembangkan kemampuan literasi sains peserta didik serta menganalisis hubungan konsep yang terdapat di Museum Kretek dengan KD/CP kurikulum IPA SMP/MTs. Jenis penelitian adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa Museum Kretek memiliki potensi sebagai sumber belajar IPA dalam mengembangkan kemampuan literasi sains peserta didik karena  adanya koleksi yang dimiliki oleh museum. Koleksi berupa alat pembuatan rokok kretek tradisional, beberapa jenis tembakau, serta beberapa jenis cengkeh. Keterkaitan konsep yang ditemukan pada Museum Kretek dengan KD/CP kurikulum IPA SMP/MTs sebanyak 9 KD/CP yang terdiri dari 6 KD/CP kelas VII dan 3 KD/CP kelas VIII.P kelas VIII.

References

Ardiyanti, Y., Suyanto, S., & Suryadarma, I. (2019). The role of students science literacy in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032085

Arini Estiastuti, A., Estiastuti, A., Nurharini, A., Bektiningsih, K., & Munisah, M. (2019). Cultural Heritage to Build History for Life in Social Science Learning at Primary Schools. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.78

Baqiatun Nafiah, P., & Aristiawan, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Socio Scientific Issue Dalam Pembelajaran IPA untuk Mewujudkan Empati Kognitif Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(2), 184–197. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i2.3127

Çelik, M., & Doğru, M. (2024). Development of an attitude scale towards science literacy for secondary school pupils. Journal of Turkish Science Education, 21(2), 304–323. https://doi.org/10.36681/tused.2024.017

Dewi, L. N., Nugroho, A. H., Rosyada, M. Z., Nugraheningtyas, S. P., & Ramadhanni, R. F. (2022). Kajian Koleksi Museum Kretek Kudus. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus.

Fayanto, S., Sulthoni, Wedi, A., Takda, A., & Fadilah, M. (2023). Exploration of Integrated Science-Physics Textbooks Based on Science Literacy Indicators: A Case Study in Kendari City Indonesia. Anatolian Journal of Education, 8(1), 159–172. https://doi.org/10.29333/aje.2023.8111a

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (Trends in International Mathematics and Science Study). TIMSS INDONESIA (Trends In International Mathematics and Science Study), Hal. 562-563.

Hamzah, A. M., & Dahlan, J. A. (2023). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) as A Measurement for Students’ Mathematics Assessment Development Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) sebagai Tolak Ukur Pengembangan Asesmen Matematika Siswa. 9.

Inabuy, V., Sutia, C., Maryana, O. F. T., Hardanie, B. D., & Lestari, S. H. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VII (1 ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains (Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Pustaka Reka Cipta.

Klemenčič, E., Ploj Virtič, M., & Majer Kovačič, J. (2023). The Role of Teacher Education in the Science Literacy Development. Athens Journal of Education, 10(4), 647–668. https://doi.org/10.30958/aje.10-4-5

Laksono, T., Santoso, G., Purwati, Y., & Winata, W. (2023). Mengidentifikasi Problematika dan Mencari Solusi Dalam Program Literasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas 9 SMP. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02(04).

Marwah, A. S., & Pertiwi, F. N. (2024). Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 114–126. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.3064

Maryana, O. F. T., Inabuy, V., Sutia, C., Hardanie, B. D., & Lestari, S. H. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII (1 ed.). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mirjaz, N. N., & Abioso, W. S. (2023). STUDI MINAT PELAJAR SMA DI KOTA BANDUNG TERHADAP KEHADIRAN MUSEUM SCIENCE AND TECHNOLOGY. Jurnal Desain dan Arsitektur, 4(2), 81–96.

Mulyadi, F. A., Laitupa, A. A., & Putra, M. A. (2023). Perbedaan Efek Nikotin pada Rokok dan Vape Terhadap Peningkaatan Tekanan Darah: Literature Review. 4.

Mutakin, T. Z., Tola, B., & Hayat, B. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Framwork TIMSS 2019.

Nadhirah, A., Napitupulu, T. S., Sumarlina, S., & Saadilah, D. (2023). Feasibility Study of Tobacco Farming in Patrang District, Jember Regency. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 4(1). https://doi.org/10.53697/emak.v4i1.1113

Novi. (2024, Mei). Wawancara mengenai Museum Kretek [Komunikasi pribadi].

OECD. (2023a). PISA Database [Dataset]. https://www.oecd.org/pisa/data/

OECD. (2023b). PISA Database [Dataset]. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.html

Payong, Y. L., Kardinus, W. N., & Wulogening, H. I. (2024). STRATEGIC MANAGEMENT EDUKASI MUSEUM ZOOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 15(2), 15–28.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.14(2), Hal 144.

Purbasari, I. (2016). Local Culture as Learning Resources and Teaching Media to Build Student’s Character in Kudus. International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 278.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Simon, F. J., Porong, J. V., & Ogie, T. B. (2022). Kajian Teknik Budidaya Tanaman Cengkeh (Syzygium aromaticum L.) Di Kabupaten Kepulauan Sangihe. JURNAL AGROEKOTEKNOLOGI TERAPAN, 3(1).

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Ida Bagus Putu Arnyana. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol.9(1), Hal.155.

Supriadi, M. A. (2020). Learning achievement: Outdoor learning model and naturalist intelligence.

Syaputra, E. A., & Djati, I. D. (2021). Pengaruh Jenis Kayu dan Sistem Sambungan Terhadap Desain Mebel Kayu. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 39(2), 106–114. https://doi.org/10.20886/jphh.2020.39.2.106-114

Published
2024-12-10
Section
Articles