Efektivitas Problem Based Learning melalui Diskusi Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Presentasi Siswa
Abstract
Kualitas pendidikan harus ditingkatkan sebagai pengalaman belajar yang berharga kepada siswa. Kegiatan belajar haruslah dapat meluaskan segala potensi dan kemampuan yang ada pada siswa. Berdasarkan hasil observasi di lokasi penelitian SMPN 2 Ponorogo kemampuan presentasi peserta didik kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat pada saat presentasi berlangsung di dalam kelas. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning melalui diskusi isu sosiosaintifik terhadap kemampuan presentasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experimental. Penelitian dilakukan pada dua kelas, yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas dari uji two tailed menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan presentasi pada kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning melalui diskusi isu sosiosaintifik dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Implikasi dari penerapan model pembelajaran problem based learning melalui diskusi isu sosiosaintifik terhadap kemampuan presentasi ini mendorong siswa berfikir kreatif, imajinatif, mengenalkan gagasan baru, serta mendorong siswa untuk memperoleh kepercayaan diri dalam presentasi. Adapun keterbatasan peneliti kurangnya waktu dalam mengambil data dilapangan.
References
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Fadilah, M., Ananda, S., Asri, N. A., Fitri, R., Alberida, H., & Ilhami*, A. (2022). Development of Socioscientific Case-Based Worksheet in Biology Topics for IX Grade Junior High School to Improve Communication-Collaboration Performance. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 654–668. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i3.25162
Farida, B., Sunyono, S., & Efkar, T. (2019). engaruh Isu Sosio-Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2). https://doi.org/10.23960/jppk.v8.i2.201910
Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–96. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1028
Herlanti, Y., Rustaman, N. Y., Rohman, I., & Fitriani, A. (2012). Kualitas argumentasi pada diskusi isu sosiosaintifik mikrobiologi melalui weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2135
Herlanti, Yanti, Rohman, I., Fitriani, A., & Rustaman, N. Y. (2005). KERANGKA PENYELENGGARAAN DISKUSI ISU SOSIOSAINTIFIK MELALUI JEJARING SOSIAL “ FACEBOOK ” Socioscientific Isues Discussion Framework in Social Networking “ FACEBOOK ” Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi , Sains , Lingkungan , dan Pembel. 795–800.
Herri Susanto. (2014). communication skills sukses komunikasi presentasi dan berkarier.
Huriastuti, L. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Isu Sosiosaintifik Menggunakan SMAN SIX Learning System Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mapel Biologi. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(1), 117–134.
Husna, N., & Munawarah, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP. Variabel, 1(1), 36. https://doi.org/10.26737/var.v1i1.575
Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Matematis Siswa Sma. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360
Isabela, Miftahus, S., & Puspitasari, Y. (2021). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2729–2739.
Kamila Mahabatillah, & Surana, D. (2022). Meningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Metode Pembelajaran Eksperimen. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.533
Kusaeni, T. N. N., Inayah, N., Siraj, T., & Astutik, J. (2024). Implementation of Pbl Model To Train Problem-Solving Skills of Kuala Lumpur Indonesian Schools’ Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 5(1), 61–70. https://doi.org/10.21154/insecta.v5i1.8404
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Lutfirohmatika, I., & Pertiwi, F. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditoy, and Kinestetics) dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik MTS Kelas VII. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 282–291. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.202
Mulyana, A., Susilawati, E., & Francisca, Y. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif.
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176
Putri Umbara, I. A. A., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Setyowati, M., Endarto, D., Si, M., Prihadi, S., Pd, S., & Pd, M. (2013). DESAIN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DISKUSI DAN INSIDEN DITINJAU DARI KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA ATMOSFER (Studi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Kelas X I. 1–12.
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sudarsih, N. L. G. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 125–132. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53544
Sugiyono. (2020). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Sukarni, W. (2021). Literatur Review: Implementasi Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Sikap Siswa. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37251/jee.v2i1.163
Tsybulsky, D., & Oz, A. (2019). From Frustration to Insights: Experiences, Attitudes, and Pedagogical Practices of Preservice Science Teachers Implementing PBL in Elementary School. Journal of Science Teacher Education, 30(3), 259–279. https://doi.org/10.1080/1046560X.2018.1559560
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495
Copyright (c) 2024 Yunia Binti Maulida, Izza Aliyatul Muna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.