Pengembangan E-Komik Materi Struktur Bumi Berbasis Science Education for Sustainability Development (SESD) untuk Mereduksi Miskonsepsi
Abstract
Miskonsepsi sering kali terjadi dalam pembelajaran IPA. Misalnya ketika kita melakukan pembelajaran dengan materi struktur bumi yang mengharuskan siswa untuk mengingat dan menghafal konsep. Jika siswa tidak menyadari adanya miskonsepsi, maka mereka terlihat kebingungan dan pengetahuan yang telah diperoleh menjadi lambat. Sedangkan bagi siswa yang menyadari adanya miskonsepsi, cenderung lebih mudah untuk memperbaiki. Dengan kata lain, miskonsepsi memiliki pengaruh negatif bagi siswa ketika pembelajaran di sekolah. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan pengembangan e-komik materi struktur bumi berbasis Science Education for Sustainability Development (SESD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan menganalisis efektivitas e-komik materi struktur bumi berbasis SESD dapat mereduksi miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sambit dengan jumlah keseluruhan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-komik materi struktur bumi berbasis SESD dinyatakan valid dengan tingkat kepraktisan e-komik materi struktur bumi berbasis SESD termasuk sangat praktis, dan e-komik materi struktur bumi berbasis SESD kurang efektif untuk meningkatkan mereduksi miskonsepsi siswa dengan nilai N-Gain sebesar 41%.
References
Ardani, N. K. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Humanistik dan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Kompetensi dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada Peristiwa di Bumi dan kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 112–121.
Ayuni, A., & Arif, S. (2023). Analisis Miskonsepsi Ditinjau dari Gaya Belajar dengan Certainty of Response Index. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 69–82.
Dinatha, N. M. (2017). kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).
Hani’ah, R., & Fadly, W. (2022). Terampil Membuat Kesimpulan Melalui Model Inkuiri Berbasis Science Education for Sustainable Development. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 336–346.
Hidayati, S., & Ratnawati, R. (2016). Identifikasi kesulitan belajar materi struktur-fungsi jaringan tumbuhan pada siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi Biologi, 5(7), 19–26.
Imara, K., & Altinay, F. (2021). Integrating education for sustainable development competencies in teacher education. Sustainability, 13(22), 12555.
Khofifatul, S., & Widyaningrum, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Online Berbasis Science Education for Sustainable Development (SESD) untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keputusan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 276–292.
Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939–946.
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis miskonsepsi siswa kelas vb min buduran sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81.
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi pada peserta didik. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 66–76.
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411.
Rahmata, A. (2021). Pengembangan e-comic matematika berbasis pendidikan matematika realistik (PMR) bermuatan etnomatematika materi aritmetika sosial. MATHEdunesa, 10(1), 32–44.
Riva’i, Z., Ayuningtyas, N., & Dhany, A. F. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi himpunan kelas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.
Rohmah, R. U., & Fadly, W. (2021). Mereduksi Miskonsepsi Melalui Model Conceptual Change Berbasis STEM Education. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 189–198.
Rokhmani, L. (2016). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Kelas X Di Sman 7 Malang Pokok Bahasan Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 9(1).
Rusdi, M. (2018). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi optik geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153.
Soeharto, S., Csapó, B., Sarimanah, E., Dewi, F. I., & Sabri, T. (2019). A review of students’ common misconceptions in science and their diagnostic assessment tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 247–266.
Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, N., Romadona, N. F., Saputri, A. E., & Darmayanti, M. (2018). Implementasi Education for Sustainable Development (ESD) Melalui Ecopedagogy dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(2), 80–86.
Tomislav, K. (2018). The concept of sustainable development: From its beginning to the contemporary issues. Zagreb International Review of Economics & Business, 21(1), 67–94.
United Nations Educational, S. and C. O. (UNESCO). (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. Unesco Paris, France.
Wakhidah, L. R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual) Melalui Keterpaduan Tipe Connected dalam Mereduksi Miskonsepsi. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2(1), 16–27.
Wu, N., & Liu, Z. (2021). Higher education development, technological innovation and industrial structure upgrade. Technological Forecasting and Social Change, 162, 120400.
Copyright (c) 2024 Astin Diassari, Retno Widyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.