Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbasis STEAM dengan bantuan media Quartet Card Inovation untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi pada pembelajaran IPA

  • Riyayanatul khasanah Khasanah IAIN ponorogo
  • Sofwan Hadi IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan Metakognisi, Model PBL berbasis STEAM, Quartet card innovation,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL berbasis STEAM dengan bantuan media Quartet card inovation dapat meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didik dan Menentukan Faktor-faktor yang menyebabkan berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran PBL berbasis STEAM dengan bantuan media Quartet card inovation untuk meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didik. Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental. Pengambilan data dilakukan dengan soal pre test post test, dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang setiap kelas terdiri dari 30 peserta didik.Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Siman ponorogo dengan populasi peserta didik kelas VIII. Berdasarkan analisa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL berbasis STEAM dengan bantuan media quartet card inovation terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didiik. Kemampuan metakognisi mengalami peningkatan pada indikator planing memiliki peningkatan yang lebih tinggi yaitu 0,30192 yang berada pada kategori sedang, sedangkan indikator monitoring memiliki nilai 0,22866 dan evaluating memiliki nilai 0,24767 yang berada pada kategori rendah. Adapun faktor yang menyebabkan efektif atau tidaknya sebuah pembelajaran yaitu terletak pada model pembelajaran yang seru dan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik.

References

Aini, D., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., & Raden, N. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR.
Andryansah, L. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Kombinasi Metode SRL (Self-Regulated Learning) Guna Mengatasi Kecemasan Belajar IPA Materi Ekologi da Keanekaragaman Hayati.
Dasar, S., Sukarame, N., & Barat, J. (2022). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN 4C SISWA. 6(1), 281–294. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.541
Eka, I., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 108–117. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.142
Gede, L., Erayani, N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. 6(2), 248–258.
Ismail, I., Taufiq, A. U., Hasanah, U., & Gowa, S. (2020). PENGEMBANGAN KARTU KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. 2(2), 236–246.
Janah, M., & Dimas, A. (2021). Kesulitan Guru SMP Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 420–426. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.295
Luamba, A. G., & Tandapai, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode STEAM Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas X IPA 1 di SMA GKST 1. 2(1), 156–169.
Matematika, J., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., & Alam, P. (2017). Analisis kemampuan metakognisi matematis dalam pemecahan masalah melalui.
Metakognitif, K. B. (2021). Implementasi Project Based Learning ( PJBL ) Berbasis Sains , Teknologi , Teknik dan Matematika ( STEM ) Membaik. 1, 117–129.
Mitasari, R. A., & Hidayah, R. (2022). Development of E-worksheet based on Problem Based Learning to Improve Student ’ s Metacognitive Ability. 6(2), 66–74.
Naura, S., Nurdianti, D., & Maulana, S. (2022). Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 5, 598–605.
Pembelajaran, P. M. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(2), 219–227.
Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas Vii Smp N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.118
Santoso, A. (n.d.). STUDI DESKRIPTIF EFFECT SIZE PENELITIAN-PENELITIAN DI FAKULTAS PSIKOLOGI. 1–17.
Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang. 1(2), 217–223.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) LEARNING MODEL : THE EFFECT ON UNDERSTANDING OF CONCEPT AND CRITICAL sejak dini . Selain berpikir kritis peserta dihada. 02(3), 399–408.
Published
2024-07-31
Section
Articles