Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Peserta Didik SMP Melalui Pembelajaran PBL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan Culturally
Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan kemampuan bertanya
peserta didik SMP melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini dilakukan berlatar belakang rendahnya kemampuan bertanya
peserta didik, khusunya kelas 7H di SMPN 5 Ponorogo. Integrasi CRT
dengan PBL bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan
menarik yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
desain penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus yaitu pra-siklus sebelum tindakan kelas dan siklus setelah tindakan
kelas. Tiap siklus meliputi empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan, dan refleksi yang melibatkan peserta didik kelas 7H
SMP Negeri 5 Ponorogo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dan angket untuk mengevaluasi perubahan minat belajar. Teknik analisis data
menggunakan teknik deskriptif komparatif, yang membandingkan
keterampilan bertanya peserta didik antara siklus I dan siklus II untuk
mengetahui peningkatan kemampuan bertanya peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi CRT dan PBL berdampak positif pada
peningkatan kemampuan bertanya, ditandai dengan peningkatan jumlah
pertanyaan peserta didik dan tercapainya target 25% dari total jumlah kelas.
Hasil dari penelitian ini mennjukkan adanya peningkatan signifikan pada
kemampan bertanya peserta didik. Implikasi penelitian mencakup
rekomendasi pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan strategi
pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan bertanya di
tingkat SMP. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi
sekolah lain dalam menerapkan pendekatan serupa dan menekankan
pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif
dan responsif terhadap kebutuhan budaya peserta didik.
References
Abacioglu, C. S., Volman, M., & Fischer, A. H. (2020). Teachers’ multicultural attitudes and perspective taking abilities as factors in culturally responsive teaching. British Journal of Educational Psychology, 90(3), 736–752. https://doi.org/10.1111/bjep.12328
Abdulrahim, N. A., & Orosco, M. J. (2020). Culturally Responsive Mathematics Teaching: A Research Synthesis. Urban Review, 52(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s11256-019-00509-2
Agustina, W. L., Anggraini, W. D., Khasanah, R. R., & Aristiawan. (2023). The Relationship Between Students’ Asking Activity and Critical Thinking Ability in Class VIII for Science Learning. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 2(3), 171–179. https://doi.org/10.30762/ijise.v2i3.1527
Arif, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas VIII D SMP N 2 Banguntapan Bantul. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(5), 62–74.
Cruz, R. A., Manchanda, S., Firestone, A. R., & Rodl, J. E. (2020). An Examination of Teachers’ Culturally Responsive Teaching Self-Efficacy. Teacher Education and Special Education, 43(3), 197–214. https://doi.org/10.1177/0888406419875194
Deliani, N., Prayitno, P., Yusuf, A. M., & Jamna, J. (2019). Skills of Students Asking in Learning Clasical Format. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 3(1), 82–86. https://doi.org/10.24036/sjdgge.v3i1.199
Donahue-Keegan, D., Villegas-Reimers, E., & Cressey, J. M. (2019). Integrating Social-Emotional Learning and Culturally Responsive Teaching in Teacher Education Preparation Programs: The Massachusetts Experience So Far. Teacher Education Quarterly, 46(4), 150–168.
Eka, I., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 108–117. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.142
Ernawati, T., Rosana, D., Atun, S., & . S. (2024). Exploration of Culturally Responsive Teaching and Problem-Based Learning in The Diverse Learning of Prospective Science Teachers. International Journal of Religion, 5(3), 353–365. https://doi.org/10.61707/t1bg2083
Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1), 50–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942
Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Ika Pratiwi, D., Kamilasari, nur wandiyah, Nuri, D., & Supeno. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di Smp Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.
Info, A., Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. In JSER Journal of Science and Education Research (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS SEKOLAH DASAR Rahajeng Achyani, M. I., Natalia, L., Wahyu Dewi, S., Nufus Afifah, A., Syawaluddin Ashhabi, W., Achyani, R., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM Corresponding Author *. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2), 309–321.
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117
Muñiz, J. (2019). Culturally Responsive Teaching: A 50-State Survey of Teaching Standards. New America, March, 2–51.
Mustofa, M. R., Arif, S., Sholihah, A. K., Aristiawan, & Rokmana, A. W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM Terhadap. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 375–384. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31110
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Rahmadana Hidayati, A., Fadly, W., Faradisya Ekapti, R., & Artikel, R. (2021). p-ISSN xx-xx e-ISSN xx-xx Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi Info Artikel ABSTRAK. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Rahmah, A., & Adnan, A. (2017). Activating Students’ Speaking Ability in Asking and Giving Opinion by Using Quality Questioning Strategy for Senior High School Students. Journal of English Language Teaching, 6(1), 307–313.
Santoso, T., Yuanita, L., & Erman, E. (2018). The role of student’s critical asking question in developing student’s critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012042
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
Sofwan, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dasar Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas Iii B Sdn 64/1 Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas Universitas Jambi, 1(1), 29–36.
Susilowati, E. (2019). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 243–255.
Toba, R., Noor, W. N., & Sanu, L. O. (2019). The current issues of Indonesian EFL students’ writing comparsion and contrast essay. Dinamika Ilmu, 19(1), 57–73.
Zulqarnain, M., & Fatmahanik, U. (2022). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 293–304. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i3.1172
Copyright (c) 2024 Rosi Indarwati, Choyrunisa Ratrie Viyana , Sanjaya I Made Gusti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.