Pengembangan LKPD dengan Pendekatan TaRL melalui Design Thinking Framework untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan hasil pengamatan dan in depth interview yang menunjukkan bahwa tidak semua peserta didik terlibat dalam proses belajar secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain Educational Design Research (EDR) disertai framework Design Thinking. Jumlah sampel penelitian yang dilakukan sebanyak 30 peserta didik dengan jumlah 10 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli dan praktisi pendidikan serta hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis data kuantitatif dengan menghitung hasil validasi ahli dan praktisi pendidikan serta penilaian rata-rata aktivitas belajar peserta didik. Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi pendidikan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Perolehan persentase rata-rata validasi ahli adalah 98% dengan kategori sangat valid dan perolehan rata-rata praktisi pendidikan adalah 89% dengan kategori sangat valid. Hasil implementasi LKPD dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik menjadi 82.06% saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan TaRL ini layak digunakan dan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.
References
Akbar, Sadun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Artini, N. P. N., Hariani, N. M. M., & Anta, I. M. N. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD INPRES SALUMONI. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 14(2), 142-150.
As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan teaching at the right level (tarl) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas x pada materi inovasi teknologi biologi sma. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76-85.
Azis, F., Kaharuddin, K., Arifin, J., Yumriani, Y., Nawir, M., Nursalam, N., ... & Karlina, Y. (2022). Pendampingan penguatan model pembelajaran paradigma baru bagi guru-guru sekolah muhammadiyah di kecamatan bontonompo selatan. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 515-523.
Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., ... & Walton, M. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence from randomized evaluations of “Teaching at the Right Level” in India (No. w22746). National Bureau of Economic Research.
Barsalou, L. W. (2017). Define design thinking. She Ji: The Journal of Design, Economics, and Innovation, 3(2), 102-105.
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi" Nugas" Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan (JITTER), 8(1), 35-44.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Latif, A., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Eduscience, 7(2), 1-9.
Liedtka, J. (2018). Why design thinking works. Harvard Business Review, 96(5), 72-79.
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).
Mahardika, N. I., Muslimah, M. A., & Nurita, T. (2024). Implementasi PBL Terintegrasi TaRL dan CASEL untuk Meningkatkan Peran Aktif dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 114-120.
Masni, H. (2018). Urgensi pendidikan dalam mengembangkan potensi diri anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 275-286.
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2014). Educational design research. Handbook of research on educational communications and technology, 131-140.
Melani, I., Yetmi, Y., & Handayani, D. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dengan Berbasis PBL terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Kelas X MIPA 2 SMAN 9 Kota Bengkulu pada Materi Konsep Mol Bab Stoikiometri Kimia. TRIADIK, 23(1), 74-89.
Ndraha, Y. B. L. (2024). PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD 071057 HILIWETO PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARL. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 2(1), 15-24.
Novelita, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1538-1550.
Nugroho, A. W., Puspita, V. P., & Fajar, W. N. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 1 PLIKEN, BANYUMAS. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 349-363.
OECD, P. (2019). Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing, Paris.
Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75-86.
Roller, M. R. (2020). The In-depth Interview Method. Journal of Language Relationship, 10(1)
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Education FKIP UNMA, 5(1), 59-67.
Wolniak, R. (2017). The Design Thinking method and its stages. Systemy wspomagania w inżynierii produkcji, 6(6), 247-255.
World Intellectual Property Organization (WIPO). (2022). Global innovation index 2022: What is the future of innovation-driven growth? 15th edition. https://www.wipo.int/global_innovation_index/en/2022/
Copyright (c) 2024 Refa Tri Ustati, Achmad Samsudin, Emi Yuliah Kosasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.