Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Socio Scientific Issue Dalam Pembelajaran IPA untuk Mewujudkan Empati Kognitif Siswa
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di berbagai jenjang pendidikan dapat dijadikan sebagai ujung tombak pendidikan karakter dan salah satunya dalam menanamkan empati kognitif pada siswa. Penelitian ini berlatar belakang mengenai permasalahan empati kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peran model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan socioscientific issue dalam mewujudkan empati kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan melakukan eksperimen. Dalam mengolah data penelitian ini menggunakan uji paired t-test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implemetasi model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan socioscientific issue berpengaruh terhadap empati kognitif siswa. Dalam pengimplementasian Sosioscientific issue dengan penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat membantu meningkatkan empati kognitif; sehingga siswa menjadi lebih tanggap terhadap lingkungannya dengan ilmu yang diperoleh.
References
Afifah Khoirun Nisa. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdit Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 8, 13–22.
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Burton, M., & Guzzo, R. (2020). Liberation psychology: Origins and development. Liberation Psychology: Theory, Method, Practice, and Social Justice., January, 17–40. https://doi.org/10.1037/0000198-002
Dewi, I. A. D. P., Antari, N. N. M., & Dantes, N. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Sosial Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Sikap Empati Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3779/3026
Dorris, L., Young, D., Barlow, J., Byrne, K., & Hoyle, R. (2022). Cognitive empathy across the lifespan. Developmental Medicine and Child Neurology, 64(12), 1524–1531. https://doi.org/10.1111/dmcn.15263
Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 82. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.24205
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Fidrayani, Malang, U. M. (2015). Pengembangan Empati Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 978–979.
Guerra-Ramos, M. T. (2012). Teachers’ Ideas About the Nature of Science: A Critical Analysis of Research Approaches and Their Contribution to Pedagogical Practice. Science and Education, 21(5), 631–655. https://doi.org/10.1007/s11191-011-9395-7
Hanafi, M., & Rappang, S. M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter. 5(1), 2354–7294.
Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 91–98.
Jumareng, H., Rusli, M., Sawali, L., Asmuddin, Saman, A., & Mongsidi, W. (2020). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan dengan fokus pada Kesehatan Jasmani dan Literasi: Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kelurahan Ranomeeto,Kabupaten Konawwe Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 48–54.
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Klann, E. (2016a). Cognitive Empathy : Its Development , Genetic Influence , and Mechanisms of Control.
Klann, E. (2016b). Jurnal Penyelidik Muda Berita Sains Empati Kognitif : Perkembangannya , Pengaruh Genetik , dan Mekanisme Pengendaliannya Jurnal Penyelidik Muda Berita Sains.
Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Ramdhani, N. (2016). Emosi Moral dan Empati pada Pelaku Perundungan-siber. Jurnal Psikologi, 43(1), 66. https://doi.org/10.22146/jpsi.12955
Rintayati, P. (2016). Analisis Faktor Kemampuan Strategi Kognitif, Empati, dan Keterampilan Kerja Ilmiah terhadap Komitmen Profesi Guru pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 72–77.
Rosmilawati, I. (2017). Konsep Pengalaman Belajar dalam Perspektif Transformatif: Antara Mezirow dan Freire. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 317–326.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam formal. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, 1(1), 115–124. https://jateng.kemenag.go.id/warta/artikel/detail/pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-keluarga
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857
Saputra, C. T. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial pada Siswa Kelas XI Kriya Kayu SMKN 1 Pacitan. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
Setyaningsih. (2011). Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 197. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 15, 2001, 16–34. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/748/416
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Tamayo, C. A., Rizkalla, M. N., & Henderson, K. K. (2016). Cognitive, behavioral and emotional empathy in pharmacy students: Targeting Programs for Curriculum Modification. Frontiers in Pharmacology, 7(APR), 1–8. https://doi.org/10.3389/fphar.2016.00096
Tiyas, N. E. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Kepedulian Sosial Pada Remaja. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, 8 dan 9.
Upadhyay, B., & Aleixo, M. B. (2023). Community-Initiated Science for Transformative Teaching. Journal of Science Teacher Education, 34(5), 443–457. https://doi.org/10.1080/1046560X.2023.2207846
Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar Ipa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Copyright (c) 2024 Prifatma Prifatma Baqiatun Nafiah, Aristiawan Aristiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.