Pengembangan Modul Berbasis STEM 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Anggi Nurma Yunita Sholikhah IAIN Ponorogo
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan berpikir kritis, Modul berbasis STEM 3D, Pembelajaran abad 21

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang menekankan 4 keterampilan penting yaitu kolaborasi, berpikir kritis, komunikasi, dan kreativitas. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki dan dikuasai siswa. Namun kemampuan berpikir kritis pada siswa masih cukup rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul 3D berbasis STEM yang berfokus pada kemampuan berpikir kritis siswa mengenai hukum pewarisan sifat di kelas IX SMP N 5 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IX SMP Negeri 5 Ponorogo. Metode penelitian yang diterapkan adalah model R&D (Research and Development) ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dari 3 orang ahli, angket respon siswa, pretest dan posttest untuk evaluasi pasca penerapan modul. Pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yaitu N-Gain dan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian diperoleh: 1) skor validitas akhir dari 3 ahli masing-masing sebesar 3, 22, 3,44, dan 3,33; 2) angket responsif siswa menunjukkan respon positif terhadap modul; 3) Modul berbasis 3D STEM mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan skor rata-rata N-Gain 0,56; 4) Uji t 2-tailed 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari kegiatan penelitian ini adalah modul berbasis STEM 3D layak dan valid diimpementasikan serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan tingkat sedang.

References

Adli, M., Sulistiyono, M., Sudibyo, T., & Bernadhed, B. (2022). Analisis Dan Pengembangan Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Benda Disekitar Sekolah Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity Di Paud Labiba Maulida Boyolali. Respati, 17(2), 30. https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.455

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.

Alfika, Z. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Modul STEM Berbasis Pemecahan Masalah dengan Tema Rumah Kaca. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Kasuari: Physics Education Journal, 3(1), 1–17.

Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 909–922.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525

Faridah, E., & Artono. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (higher order thinking skills) mata pelajaran sejarah kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. Avatara: E-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/29409

Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers and Education, 142(May), 103635. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635

Fitriani, E. (2023). Effect of The STEM Integrated Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability. Physics Learning and Education, 15(1), 124–129.

Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2017). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76.

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Idris, N. W., Usman, & Subaer. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 39–50.

Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Etno- Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2), 189–200.

Irma, E., Davidi, N., Sennen, E., & Supardi, K. (2016). Integrasi Pendekatan STEM ( Science , Technology , Enggeenering and Mathematic ) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 24–31.

Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374

Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142

Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang. Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155–166. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3700/2786

Lidawa, U. M., Hi, R. M., & Salim, A. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Media Animasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 77–81. https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3890

López-Faican, L., & Jaen, J. (2020). EmoFindAR: Evaluation of a mobile multiplayer augmented reality game for primary school children. Computers and Education, 149(January). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103814

Mayarni, & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. Journal of Science Education, 4(3), 39–45.

Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77.

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66.

Nugraha, M. S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 29. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14843

Orhan, A. (2023). Fake news detection on social media : the predictive role of university students ’ critical thinking dispositions and new media literacy. Springer, 10(29). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00248-8

Osadchyi, V. V., Valko, N. V., & Kuzmich, L. V. (2021). Using augmented reality technologies for STEM education organization. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012027

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094.

Sarwanto, Fajari, L. E. W., & Chumdari. (2021). Critical Thinking Skills And Their Impacts On Elementary School Students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 161–187.

Sukarno, Dyah, J., & Rahayu, E. (2019). The Video Learning Based On Local Wisdom And Students Critical Thinking. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12).

Sumartono, S., & Mardiana, N. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Eliciting Activities (Studi Kasus Smp Dharma Wanita Taman, Sidoarjo). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(8), 1535–1542. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.202

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas x sma islam kepanjen. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 176–185.

Vacide Erdoğan. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research , 7(11), 113–127. www.ijern.com

Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The effectiveness of mobile augmented reality assisted STEM-based learning on scientific literacy and students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a

Widya, Rifandi, R., & Laila Rahmi, Y. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208

Wijayanti, T. F., Prayitno, B. A., & Sunarto. (2016). Argument Mapping Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Inkuiri, 5(1), 105–111.

Wulansari, R. E., Puyada, D., Wijaya, I., & Rukun, K. (2017). Effectiveness Of Instructional Media Based Game On Mathematics At Vocational High School. International Journal of Research Science & Management, 4(12), 125–128. https://doi.org/10.5281/zenodo.1134077

Published
2024-03-31
Section
Articles