Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk

  • Ani Satull Marwah IAIN Ponorogo
  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo
Keywords: Literasi sains, Inovasi, Pembelajaran IPA, Produk

Abstract

Menurut data PISA 2022, Indonesia menduduki peringkat rendah dalam aspek literasi sains. Selain literasi sains, di abad ke-21 ini salah satu dari keterampilan yang harus dimiliki siswa yaitu keterampilan berinovasi. Perlunya keterpaduan antara dua keterampilan ini diharapkan dapat menambah literatur pendidikan IPA dengan memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai kemampuan siswa dalam literasi sains serta kreativitas mereka dalam berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa serta keterampilan mereka dalam berinovasi melalui pembelajaran IPA yang berbasis produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari kelas VIII di salah satu MTs di Kabupaten Ponorogo. Pengumpulan data melalui angket terbuka (luring dan daring). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan literasi sains yang memadai. Mereka mampu mengaitkan isu-isu terkini dengan pembelajaran IPA dan menjelaskan fakta-fakta ilmiah dengan baik. Selain itu, siswa mampu memahami konsep sains dalam kehidupan sehari-hari, menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan informasi sains, serta melaksanakan kegiatan praktikum dengan baik, menerangkan langkah-langkah prosedural dan melakukan aktivitas berfikir yang kritis. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memahami keterpaduan antara literasi sains dengan keterampilan berinovasi pada pembelajaran IPA. Selain itu, memberikan pandangan yang komprehensif tentang potensi siswa dalam mengembangkan pengetahuan ilmiah serta kreativitas mereka dalam berinovasi.

References

Afni, N., & Rokhimawan, M. A. (2018). Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 47–68. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129

Al Sultan, A., Henson, H., & Lickteig, D. (2021). Assessing preservice elementary teachers’ conceptual understanding of scientific literacy. Teaching and Teacher Education, 102, 103327. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103327

Amirahlilis, P. G. (2023). Keadaan Pendidikan Saat Ini dan Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar. Thesis, 6(20), 1–9.

Avvisati, F., & Ilizaliturri, R. (2023). Hasil PISA 2022. LEMBAR FAKTA OECD.

Ayu, S., Dianti, T., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2018). PENDEKATAN STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN. 432–442.

Cabreja-Castillo, M., Hernandez, L., Mustafa, A., Hungria, G., & Bertoli, M. T. (2023). COVID-19 Scientific Literacy in Medical and Nursing Students. Journal of Microbiology & Biology Education, 24(1). https://doi.org/10.1128/jmbe.00219-22

Cahyana, U., Supatmi, S., Erdawati, & Rahmawati, Y. (2019). The influence of web-based learning and learning independence toward student’s scientific literacy in chemistry course. International Journal of Instruction, 12(4), 655–668. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12442a

Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. PT Grasindo, 146.

F. Avvisati, A. Echazarra, P. G. and M. S. (2018). PISA. 2019.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Herak, R., Lamanepa, G. H., Biologi, P., Katolik, U., Mandira, W., Fisika, P., Katolik, U., & Mandira, W. (2019). MENINGKATKAN INOVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDAHULUAN Saat ini Pendidikan di Indonesia mengacu pada kurikulum Pelaksanaan kurikulum 2013 mengacu pada proses pengembangan kompetensi siswa seperti aspek sikap ( afektif ), aspek Pengetahuan ( kognitif ) . 4, 8–14.

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. 4(3), 275–288.

Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa Sma Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70

Ida Ayu Putu Nova Warmadewi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 325–331. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.600

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Jurnal, F., Pendidikan, I., Jauhar, S., & Adnan, K. (2023). Machine Translated by Google Persepsi Siswa tentang Aspek Apa yang Dapat Membuat Mereka Suka Untuk Mempelajari Sains Machine Translated by Google. 13(148), 227–234.

Kemdikbud, pengelola web. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kemdikbud.

Kolb, S. M. (2012). Grounded Theory and the Constant Comparative Method : Valid Research Strategies for Educators. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies, 3(1), 83–86.

Kumar, V., Choudhary, S. K., & Singh, R. (2024). Environmental socio-scientific issues as contexts in developing scientific literacy in science education: A systematic literature review. Social Sciences and Humanities Open, 9(November 2023), 100765. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100765

Laila Sa, I., Novika Pertiwi, F., & artikel, R. (2022). Pengaruh Model PjBL Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Info Artikel ABSTRAK.

Laili, N., Sholahuddin, A., & Febriyani Putri, R. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran O’Kami Berbasis Literasi Sains Pada Topik Suhu dan Perubahannya Kelas VII SMP DEVELOPMENT OF O’KAMI LEARNING MEDIA BASED ON SCIENCE LITERATURE ON THE TOPIC OF TEMPERATURE AND ITS CHANGES IN CLASS VII SMP. In Jurnal Pendidikan Sains dan Terapan (JPST) (Vol. 1, Issue 1).

Laksono, P. J. (1970). Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i1.2093

Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109.

Mays, T. (2020). 21 st Century Skills for Sustainable Development Overview.

Niqmah, F. (2019). Motivasi ibadah dan sedekah untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan: Studi kasus di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang.

Noor, S., Tajik, O., & Golzar, J. (2022). Defining Simple Random Sampling in a Scientific Research. International Journal of Education & Language Studies Collection, 1(December), 78–82.

Nur Fauziah, Nafiah, Sri Hartatik, & Sunanto. (2022). Penerapan Media Augmented Reality Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 103–117. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2116

Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1).

Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2019). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional II 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiya Malang, 1019–1028.

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553

Romanova, A., Rubinelli, S., & Diviani, N. (2024). Improving health and scientific literacy in disadvantaged groups: A scoping review of interventions. Patient Education and Counseling, 122(September 2023), 108168. https://doi.org/10.1016/j.pec.2024.108168

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15.

Sajiman, S. U. (2023). Descriptive Analysis of Mathematical Connection Ability in Comparative Materials for Junior High School Students. 13(148), 179–188.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Shavlik, M., French, B. F., Haden, C. A., & Booth, A. E. (n.d.). Version of Record: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022096522001382.

Smyth, D. S., Chen, S., Sompanya, G., Metz, M., & Conefrey, T. (2022). How Getting Friendly with Bacteria Can Promote Student Appreciation of Microbial Diversity and Their Civic Scientific Literacy. Journal of Microbiology & Biology Education, 23(2). https://doi.org/10.1128/jmbe.00055-22

Snow, C. E., & Dibner, K. A. (2016). Science literacy: Concepts, contexts, and consequences. In Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences. https://doi.org/10.17226/23595

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-25). ALFABETA, cv.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, Azmin, N., & Hartati. (2021). Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021, 02(01), 24.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.

Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik yang Berbeda di SMAN 1 Kayangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2007, 549–555.

Tito Pariatno, Sadtyadi, H., & Walyono. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (Studi Kasus Di SMA Bhakti Karya Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung). Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 7(2), 74–88. https://doi.org/10.53565/pssa.v7i2.317

Trianingsih, R., Wahyuni, T., & Jannah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Pembelajaran Kontekstual Demonstrasi. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 53–59. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.881

Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The effectiveness of mobile augmented reality assisted STEM-based learning on scientific literacy and students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a

Washburn, M. E., Shanks, R. A., McCartney, M., Robertson, C. L., & Segura-Totten, M. (2023). Discussion of Annotated Research Articles Results in Increases in Scientific Literacy within a Cell Biology Course. Journal of Microbiology & Biology Education, 24(1). https://doi.org/10.1128/jmbe.00154-22

Widhyastuti, M. (2017). Pengaruh Kemampuan Literasi Sains terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Tema Siklus. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Published
2024-03-31
Section
Articles