Pengembangan Gambar Ilustratif Naturalis Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis

  • Nafidhotur Rofingah IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
Keywords: Ilustratif Naturalis, Literasi Sains, Berpikir Analitis, Tumbuhan Angyospermae

Abstract

Berdasarkan hasil preliminary study minat baca siswa terhadap materi pembelajaran cenderung masih rendah karena sumber materi pembelajaran kurang beragam. Guru hanya menggunakan materi pembelajaran terutama berupa contoh gambar pada LKS siswa, sehingga pemahaman teori siswa kurang menarik. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti menggunakan media gambar ilustratif naturalis dalam proses pembelajaran pada tema Tumbuhan Angyospermae untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis literasi sains dengan media gambar ilustratif naturalis untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas produk. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan dalam penggunaan media ini diperoleh presentase rata-rata 87 % dari kelompok 2 dalam kriteria sangat baik dengan menggunakan indikator kemampuan berpikir analitis yaitu membedakan, mengorganisasi, dan menghubungkan. Dapat disimpulkan dari penelitian bahwa Penggunaan Gambar Ilustratif Naturalis sebagai media belajar dapat membantu para pendidik untuk mengarahkan peserta didik menemukan suatu konsep melalui aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

References

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambardalam Pembelajaran Matematika. Eksakta, 2(1), 34–40.

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru Ipa Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Eka, I., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.142

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuntitatif & Kualitatif.

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Fitri, A., Sahputra, R., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Masriani, M. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain pada sub materi pergeseran kesetimbangan. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(1), 12–28. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.3606

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jllurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 109. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hardianti, A., & Kurniasari, I. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(1), 82–87. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p82-87

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 121. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185

Jamil, I. M., & Raudhah, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghitung Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Buah-Buahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), III(4), 76–100. http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/view/95

Kesumaning, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Produksi Dengan Bantuan Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Analitis Siswa Mtsn 6 Ponorogo Pada Materi “Sistem Ekskresi". Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 50. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280

Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1583

Nugraha, W. M. (2019). The Development of Print Module Learning Illustration for Junior High. 31–40.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. 6(2), 2099–2104.

Rozi, F., & Siti Rahayu, S. (2022). Implementasi Media Gambar Ilustrasi Naturalis dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak. Manazhim, 4(2), 505–516. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1924

Sudirman, S., Sarjan, M., Rokhmat, J., Hamidi, H., & Fauzi, I. (2022). Penilaian Pendidikan IPA secara Realtime dan Terintegrasi dengan Artificial Intelligence: Perspektif Filsafat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.888

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict Observe Explanation. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 167. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.689

Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus, 1(1), 1. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i1.314

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873

White, L., Versi, K., In, M., White, L., Lee, K., & Sari, Y. (2017). MULTIMODALITAS DALAM GAMBAR IKLAN ADVERTISEMENT ). 235–244.

Yusrina, S. L., & Masriyah, M. (2019). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 477–484. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p477-484

Yuwono, G. R., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Analitis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ranah Pengetahuan. Edusains, 12(1), 106–112. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11659

Published
2024-05-14
Section
Articles