Efek Cross-Sectional Pembelajaran Berbasis Teknologi Water Filtration System Berbantuan Calculator Debit Apps: Peran Keterampilan Reflektif Berbasis Socio Scientific Issue
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir reflektif. Karena dengan keterampilan reflektif peserta didik mampu mengidentifikasi masalah dan memilih alternatif atau strategi untuk menginterpretasikan suatu masalah tersebut serta mempunyai solusi yang dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan hasil preliminary study kemampuan reflektif salah satu Mts di Kabupaten Ponorogo masih tergolong rendah. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti menggunakan pembelajaran berbasis teknologi water filtration system dengan bantuan calculator debit apps untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis teknologi water filtration system dengan bantuan calculator debit apps untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksaan atau aktivitas guru dalam penggunaan media ini diperoleh rata-rata 83,5% dan aktivitas peserta didik 88%, keduanya dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis ANOVA mendapatkan nila sig. adalah 0,000 atau dikatakan lebih kecil dari 0,05. Sehingga keputusan pengujian kelas eksperimen maupun kelas kontrol terdapat perbedaan nikai rata-rata yang signifikan. Hal ini didukung dengan uji cohen’s yang menunjukkan angka 0,81 yang memiliki efektifitas dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan dari penelitian bahwa pembelajaran berbasis teknologi water filtration system dengan bantuan calculator debit apps efektif dalam kategori tinggi digunakan dalam meningkatkan kemampuan reflektif peserta didik.
References
Al Haq, F. N. H., & Raicudu, M. I. R. (2023). Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 83.
Amin, A., Ilmu, J. K., & Vol, B. I. (2023). 1 , 2 1,2. 6(1), 1–14.
Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. PYTHAGORAS:Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8497
Anwar, A., & Sofiyan, S. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis. Numeracy Journal, 5(1)., 5(April), 91–101.
Ayu Kartika Dewi, V. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Model-Model Praktik Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Ipa: Sebuah Studi Perbandingan. 9(1), 119–126. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Budiman, H. (2019). Mengukur Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Prisma, VIII(1), 58–67.
Chiu, J. L., & Linn, M. C. (2012). The role of self-monitoring in learning chemistry with dynamic visualizations. In Contemporary Trends and Issues in Science Education (Vol. 40, Issue January). https://doi.org/10.1007/978-94-007-2132-6_7
Clarà, M. (2015). What Is Reflection? Looking for Clarity in an Ambiguous Notion. Journal of Teacher Education, 66(3), 261–271. https://doi.org/10.1177/0022487114552028
Duwila, F., Afandi, A., & Abdullah, I. H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 246–259. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5146
Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan media animaker ….(maharani ika fajarwati) 1. EL- Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5, 1–11.
Fitri, A. A., & Pertiwi, F. N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Teacher and Peer Feedback terhadap Kemampuan Refleksi Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 238–251. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2166
Gerard, L. F., & Linn, M. C. (2016). Using Automated Scores of Student Essays to Support Teacher Guidance in Classroom Inquiry. Journal of Science Teacher Education, 27(1), 111–129. https://doi.org/10.1007/s10972-016-9455-6
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297.
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Helwig, Nathaniel E, Sungjin Hong, and Elizabeth T Hsiao-wecksler. n.d. “Urgensi dan Penerapan High Order Thinking Skill di Sekolah.”
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [analysis of students’ reflective Mathematical thinking abilities judged from learning styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165
Juhaevah, F. (2017). Standar Pisa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 221–236.
Kurniasari, I., & Fauziah, H. N. (2022). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 272–282. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i3.919
Kusuma, O. R., Shinta, V., Iswidarti, P., Satya, A., Nisa, B., Dwi, Y., Dharma, U. S., Dharma, U. S., Dharma, U. S., & Dharma, U. S. (2023). PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN. 161–169.
Maksuk, Priyadi, K. A. (2022). Pengolahan Air Sungai Sebagai Sumber Air Bersih Masyarakat di Kawasan Pertanian Dengan Penyaringan Air Sederhana. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 352–356.
Ningrum, A. A., & Fauziah, H. N. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif dalam Menyelesaikan Permasalahan Berbasis Isu Sosial Ilmiah Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.158
Nurdiyanti*, N., Wajdi, M., & Fadhilah, N. (2022). Validitas dan Kepraktisan Modul Digital Berbasis Socio Scientific Issue. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 33–44. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i1.23461
Pei, X., Jin, Y., Zheng, T., & Zhao, J. (2020). Longitudinal effect of a technology-enhanced learning environment on sixth-grade students’ science learning: the role of reflection. International Journal of Science Education, 42(2), 271–289. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1710000
Quraisy, A. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.51574/jrip.v2i3.665
Safitri, A. N., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4021–4031.
Stratton, S. J. (2021). Population Research: Convenience Sampling Strategies. Prehospital and Disaster Medicine, 36(4), 373–374. https://doi.org/10.1017/S1049023X21000649
Suryani, E. (2021). Pembelajaran Reflektif Dalam Mobile Learning Matematika. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 475–483. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.326
Susilawati, E., Iskandar, S., Kurniawan, T., Tanggulun, S. D. N., Garut, K., & Indonesia, P. (2023). TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD 21. 4.
Terrazas-Arellanes, F. E., Gallard M, A. J., Strycker, L. A., & Walden, E. D. (2018). Impact of interactive online units on learning science among students with learning disabilities and English learners. International Journal of Science Education, 40(5), 498–518. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1432915
Warsita, B. (2017). Peran Dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Kwangsan, 5(2), 14. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v5i2.42
Warsitasari, W. D., & Rofiki, I. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Financial Calculator: Bukti pada Pemecahan Masalah Matematis. Vygotsky, 4(2), 93. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.568
Copyright (c) 2024 Nabella Siska Ayuni, Wirawan Fadly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.