Penerapan Pendekatan TPACK untuk Membangun Kemampuan HOTS Siswa Kelas IV SD

  • Pingky Inpriani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imas Srinana Wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Pendekatan TPACK, Kemampuan HOTS, Quasi Experiment

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan HOTS siswa kelas IV SD yang masih rendah padahal kemampuan ini menjadi fokus perhatian terhadap keberhasilan pendidikan yang semakin berkembang. Pendekatan TPACK merupakan salah satu pendekatan yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten materi dalam suatu proses pembelajaran untuk membantu menstimulus kemampuan siswa terhadap suatu materi sehingga siswa mampu belajar lebih bermakna untuk menggali kemampuan berpikir secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan TPACK dalam membangun kemampuan HOTS siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental Design melalui Pre-test Post-test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Kebondalem Mojosari dengan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV-A (kelas eksperimen) dengan jumlah 22 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol) dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes yang berjumlah 10 soal essay. Hasil dari penelitian ini adalah nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terjadi pengaruh dari pendekatan TPACK dalam membangun kemampuan HOTS siswa di kelas IV SD pada mata pelajaran IPAS.

References

Afriani, W., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Education and Development, 10(3), 408–413. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.622

Dewi, F. S., Rintayati, P., & Adi, F. P. (2022). Analisis Higher Order Thinking Skills pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta. Jurnal PGSD, 10(1), 6–10.

Fani, K. dkk. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Pelajaran Ipa Kelas V Min 25 Aceh Utara. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 66–75.

Furroyda, A. F., Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Journal of Primary Education, 145–160. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.522

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian berbasis HOTS (P. Latifah (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Indrati, M. A. G., Wardani, I. S., & Irianto, A. (2021). Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan HOTS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 207–214. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.xxxx

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran (N. F. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.

Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6–10. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666

Janah, E. F. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 10.

Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin, S. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2337

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Magdalena, I., Hasna Aj, A., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran Ipa Di SDN Cipete 2. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 153–162.

Mariani, R., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohl Pada Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.729

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Masduriah, H. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 277–285.

Nasution, I. S., Febri, E., & Siregar, S. (2021). Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 206–212. https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8136

Retta, A. M., Kesumawati, N., & Octaria, D. (2021). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika SMA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2254. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4099

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155

Sari, N., Haifaturrahmah, H., Ratu, T., Widiartini, N. N., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Lks Interaktif Science Live Worksheet Berbasis Hots Siswa Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 118–123. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9400

Sarwinda, W., & Meilana, S. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Worksheet IPA Berorientasi HOTS terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD Muhammadiyah 4 dan 5 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 77–84. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.010.08

Septianingsih, N., Wahyuni, Y., Desfitri, R., & Fauziah. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl pada siswa kelas VII SMPN 25 Padang. Jurnal Equation, 5(1), 70–78.

Wahyuni, E., Hartono, Prastyowati, S., & Roeslaini. (2023). Pengintegrasian TPACK dan HOTS dalam Mendesain Perangkat Pembelajaran Inovatif Pelajaran Bahasa Inggris. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1558–1570. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13840

Wardani, I. S., Widodo, A., & Munir. (2023). The Use Of Smartphones to Build Conceptual Understanding Of Elementary School Students. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(11), 4772–4781.

Wuryaningtyas, E. T., & Setyaningsih, Y. (2020). Urgensi pengembangan TPACK bagi guru bahasa Indonesia. Bahastra, 40(2), 134. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i2.16898

Yustitia, V., Wardani, I. S., & Juniarso, T. (2019). The Effect of Brain Based Learning Model on Student’S High Order Thinking Skills. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 71–74. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.14058

Published
2024-12-03
Section
Articles