Science in the Community (SciCom) Daerah Indonesia sebagai konteks Pembelajaran IPA: a Systematic Literatur Review

  • Abdul Latip Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Kadarohman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hernani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Norazilawati Abdullah
Keywords: Science in the Community, Pembelajaran IPA, Systematic Literatur Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan hasil literatur review mengenai konsep dan implementasi Science in the Community (SciCom) di daerah Indonesia dalam konteks pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan Systematic Literatur Review (SLR) dengan lima tahapan, yaitu penentuan tema, pencarian data, seleksi, analisis, dan penarikan simpulan. Pencarian data menggunakan Publish or Perish (PoP) dengan sumber utama dari google scholar. Setelah dilakukan seleksi sesuai kriteria yang ditentukan diperoleh artikel sebanyak 38 yang dianalisis berdasarkan kriteria dan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Science in the Community di Indonesia disajikan sebagai bahan kajian dan konteks pada beberapa konsep dalam pembelajaran IPA di Sekolah, 2) Bentuk SciCom di Indonesia yang banyak diintegrasikan dalam pembelajaran berupa sumber daya alam (55,26%), kebudayaan dan tradisi (28,94%), dan aktivitas masyarakat (15,78%). 3) SciCom sebagai konteks pembelajaran IPA disajikan dalam bentuk bahan ajar (57,89%), perangkat pembelajaran (34,21%), dan media pembelajaran (7,89%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa SciCom di daerah Indonesia sudah dikembangkan dan diimplemetasikan dalam pembelajaran IPA dengan berbagai jenis dan bentuk integrasi sesuai kebutuhan proses pembelajaran

References

Agustin, P. U. W., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal “Batik Lumbung Dan Tahu Tamanan” Untuk Siswa Sma Di Kecamatan Tamanan Bondowoso (Materi Suhu Dan Kalor). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 62. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7226

Ahmadi, Y., Astuti, B., & Linuwih, S. (2016). Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 1–8.

Aida Nurul Safitri, Subiki, S. W. (2018). Pengembangan Lks Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 70. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7227

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 186–196.

Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.

Demssie, Y. N., Biemans, H. J. A., Wesselink, R., & Mulder, M. (2020). Combining indigenous knowledge and modern education to foster sustainability competencies: Towards a set of learning design principles. Sustainability (Switzerland), 12(17). https://doi.org/10.3390/SU12176823

Destiara, M. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 2(2), 7. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6074

Dewi, I. P. M., Suryadarma, I. G. P., Wilujeng, I., & Wahyuningsih, S. (2017). The effect of science learning integrated with local potential of wood carving and pottery towards the junior high school students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 103–109. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9598

Engels, M., Miller, B., Squires, A., Jennewein, J., & Eitel, K. (2019). The Confluence Approach: Developing Scientific Literacy through Project-Based Learning and Place-Based Education in the Context of NGSS. Electronic Journal of Science Education, 23(3), 33–58.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28.

Fitriani, N., Efendi, I., & Harisanti, B. M. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DESA SEMBALUN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MTs. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(1), 68. https://doi.org/10.33394/bjib.v7i1.2386

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543

Greenall, R. F., & Bailey, E. G. (2022). An Instructor’s Guide to Including Traditional Ecological Knowledge in the Undergraduate Biology Classroom. CBE Life Sciences Education, 21(4), 1–14. https://doi.org/10.1187/cbe.21-12-0340

Handayani, R. (2018). Elaborating indigenous science in the science curriculum. International Journal of Learner Diversity and Identities, 25(2), 19–35. https://doi.org/10.18848/2327-0128/CGP/v25i02/21-34

Hasanah, I., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2016). Pengembangan Modul Mitigasi Bencana Berbasis Potensi Lokal yang Terintegrasi dalam Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 226–234.

Hasanah, U., . M., & Hadiprayitno, G. (2018). Pengaruh Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Educatio, 13(2), 84. https://doi.org/10.29408/edc.v13i2.1034

Hidayat, R. (2023). Pemanfaatan Tanaman Goloka sebagai Sumber Belajar Berbasis Potensi Lokal melalui Penyelidikan IPA pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sape. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i1.284

Imtihana, E. R., & Djukri. (2021). Analysis Learning Resources Based Local Potential of Pacitan Regency as Biology Learning in Senior High School. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 129–135. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.020

Jumriani, & Prasetyo, Z. K. (2022). Important Roles of Local Potency Based Science Learning to Support the 21 st Century Learning . European Journal of Formal Sciences and Engineering, 5(1), 39–52. https://doi.org/10.26417/ejef.v1i1.p6-16

Khaerani, S. H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Journal of Banua Science Education, 1(1), 35–42.

Lestari, A., Lianah, L., & Hidayat, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Wisata Goa Kreo Pada Materi Ekosistem Kelas X Sma Negeri 16 Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3113

M.Sirih, E. (2017). Video Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lingkungan Lokal sebagai Sumber Belajar Siswa SMP/ MTS Di Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 274–280.

Magni, G. (2017). Indigenous knowledge and implications for the sustainable development agenda. 437–447. https://doi.org/10.1111/ejed.12238

Masihu, J. M., & Augustyn, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Di Maluku. Biodik, 7(3), 133–143. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13250

Mengist, W., Soromessa, T., & Legese, G. (2020). Method for conducting systematic literature review and meta-analysis for environmental science research. MethodsX, 7(100777), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.mex.2019.100777

Muliadi, A., Sarjan, M., & Rokhmat, J. (2022). Pembelajaran IPA Berbasis Bioentrepreneur Pada Etnosains Poteng Jaje Tujak : Perspektif Filsafat. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 50–70.

Mustafaoglu, F. M. (2022). Developing Context-Based Teaching Competencies of Chemistry Teachers : Designing and Implementing Context-Based Activities. 8(2), 126–152. https://doi.org/10.30870/jppi.v8i2.16491

Njoh, A. J., Esongo, N. M., Ayuk-Etang, E. N. M., Soh-Agwetang, F. C., Ngyah-Etchutambe, I. B., Asah, F. J., Fomukong, E. B., & Tabrey, H. T. (2022). Challenges to Indigenous Knowledge Incorporation in Basic Environmental Education in Anglophone Cameroon. Journal of Asian and African Studies. https://doi.org/10.1177/00219096221137645

Pamungkas, M. A., Wahyu Utomo, P., & Lailaturrohmah, S. (2022). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Tari Reog Ponorogo. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2, 104–112.

Parmin, P., Fibriana, F., Sciences, N., & Semarang, U. N. (2019). Prospective Teachers ’ Scientific Literacy through Ethnoscience Learning Integrated with the Indigenous Knowledge of People in the Frontier , Outermost , and Least Developed Regions. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), 142–154. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i2.6257

Parmin, P., Nuangchalerm, P., & El Islami, R. A. Z. (2019). Exploring the indigenous knowledge of java north coast community (Pantura) using the science integrated learning (SIL) model for science content development. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(1), 71–83. https://doi.org/10.17478/jegys.466460

Parmin, P., Savitri, E. N., Khusniati, M., & El Islami, R. A. Z. (2022). The prospective science teachers’ skills in reconstructing indigenous knowledge of local culture on breast milk using pare (Momordica charantia). International Journal of Educational Research Open, 3(July), 100193. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100193

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943

Ratnaningsih, & Imtihana, E. R. (2023). Analisis potensi lokal pantai Pidakan sebagai sumber belajar IPA Sekolah Dasar. Journal of Basic Learning and Thematic, 1(1), 38–47.

Saputra, A., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 182–189.

Sari, N. K., & Siwi, D. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Ipa Berbasis Keunggulan Lokal Sukoharjo Di Sekolah Dasar. Dudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 319–328.

Sudarmin, K. M. &. (2015). Unnes Science Education PENGEMBANGAN BOOKLET ETNOSAINS FOTOGRAFI TEMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP. Unnes Science Education Journal, 4(2), 2015.

Sukirno, Setyoko, I. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI SMA KONTESKTUAL BERBASIS POTENSI LOKAL HUTAN MANGROVE. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 208–216. https://doi.org/https://doi.org/ 10.31539/bioedusains.v3i2.1780

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2020). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatan Kompetensi Profesional Guru IPA. Jurnal SOLMA, 9(1), 121–130. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4406

Susilo, M. (2015). Identifikasi Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) Sebagai Materi Pembelajaran Ipa-Biologi Smp Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Pasir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, Yang Diselenggarakan Oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Tema: “Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Global,” 19, 483–495.

Sya’ban, M. F., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan SSP Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan Developing of Essence and Energy SSP Based on Local Wisdom to Improve Literacy Science and Environmental Care Of Students of MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 66–75.

Utami, D. N., & Aznam, N. (2020). Pengembangan LKPD IPA “Pesona Pantai Parangtris” berbasis learning cycle 7E beserta efeknya terhadap critical thinking. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 11–25. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.30404

Vaughn, M. S. (2020). CONTEXTUALISING SCIENCE AND MATHEMATICS TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN RURAL AREAS. Perspectives in Education, 38(2), 213–226. https://doi.org/10.18820/2519593X/pie.v38.i2.14

Weldi, W. (2020). Identifikasi Potensi Materi Ajar Invertebrata Di Area Pantai Kecamatan Serasan Pada Materi Pelajaran Ipa. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 10–23. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i1.492

Wilujeng, I., Suryadarma, I. G. P., Ertika, & Dwandaru, W. S. B. (2020). Local potential integrated science video to improve SPS and concept mastery. International Journal of Instruction, 13(4), 197–214. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13413a

Wilujeng, I., Zuhdan Kun, P., & Suryadarma, I. G. P. (2017). Science learning based on local potential: Overview of the nature of science (NoS) achieved. AIP Conference Proceedings, 1868(August). https://doi.org/10.1063/1.4995189

Yulicahyani, T., Prihandono, T., & Lesmono, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Fisika Materi Suhu Dan Pemuaian Berbasis Potensi Lokal kerajinan Logam Sayangan Untuk Siswa Smp Di Kalibaru Banyuwangi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 6(2), 116–123.

Zakaria Sandy. (2017). KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI LOKAL PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENDA DI SMPN 1 SEMBORO KABUPATEN JEMBER. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 263–271.

Published
2024-03-31
Section
Articles