Eksplorasi Wisata Pantai Slopeng sebagai Sumber Belajar IPA Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

  • Farah Lailatul Nur Alifiyah Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura https://orcid.org/0009-0003-1470-1836
  • Badrud Tamam Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Ana Yuniasti Retno Wulandari Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Bagus Rendy Astid Putera Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Pantai Slopeng, Pembelajaran IPA, Materi Ekologi dan Keanekargaman Hayati

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan bagian dari sistem pendidikan yang memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar, sehingga memudahkan guru untuk menyajikan pembelajaran secara kontekstual. Salah satu lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sumber belajar yaitu Pantai Slopeng yang memiliki potensi ekosistem laut dan ekosistem darat. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji konsep pembelajaran IPA materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia yang terdapat di Pantai Slopeng. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari eksplorasi di wisata Pantai Slopeng ditemukan konsep lingkungan makhluk hidup, lingkungan biotik dan abiotik, ekosistem, rantai makanan, siklus air, interaksi komponen ekosistem, identifikasi perbedaan flora dan fauna asiatis, dampak manusia terhadap ekosistem, dan konservasi. Wisata Pantai Slopeng berpotensi sebagai sumber belajar IPA materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia karena sesuai dengan capaian pembelajaran kelas VII SMP.

References

Alifiyah, F. L. N., Firdaus, T., Wulandari, A. Y. R., & Putera, D. B. R. A. (2023). Cyberspace Metaverse Connected to Artificial Intelligence: Analysis of Merdeka Curriculum Interactive Multimedia Needs on Science Material. International Journal of Science Education and Teaching, 2(23), 150–161. https://doi.org/http://doi.org/10.14456/ijset.2023.13

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Anggraini, N., & Nazip, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Strategi Bioedutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 394. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7399

Astuti, S. R. D., Firdausi, S., & Wahyuni, S. (2023). Analisis Bibliometrik : Trend Penelitian Hubungan Kemampuan Berpikir Kiritis terhadap Kesadaran Lingkungan pada Pembelajaran IPA. Scienceedu, 139–149.

Baga, S., Suprapto, A., & Sinaga, P. (2023). Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara : Landasan Pendidikan di Era Kurikulum Merdeka Dalam Menghadapi Abad 21. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 46–54.

Basri, H. (2019). Pengembangan Pariwisata Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Sumenep. JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummaniora, 3(2), 57. https://doi.org/10.31604/jim.v3i2.2019.57-66

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, & Ishak. (2020). Blended Learning: a 21St Century Learning Model At College. Internatinal Journal of Multiscience, 1(7), 50–65.

Fadirubun, F. F., Oktafani, F. A., Zain, N. K., & Andreansyah, N. K. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Hayati Sebagai Potensi Destinasi Wisata Edukasi di Pantai Baron Gunungkidul, Yogyakarta. Jurnal PANGEA: Wahana Informasi Pengembangan Profesi Dan Ilmu Geografi, 5(1), 49–58.

Fitriani, A., Zubaidah, S., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2020). PBLPOE: A learning model to enhance students’ critical thinking skills and scientific attitudes. International Journal of Instruction, 13(2), 89–106. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1327a

Hanafi, Y., Murtadho, N. M., Ikhsan, A., & Diyana, T. N. (2020). Reinforcing public university student’s worship education by developing and implementing mobile-learning management system in the ADDIE instructional design model. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 215–241. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11380

Handayani H, N., Lilik E., M. R., & Prasita, V. D. (2021). Optimization of the Role of the Department of Youth Culture and Sports Tourism of Sumenep Regency in the Development of Integrated and Sustainable Gili Labak Marine Tourism Area. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 3(4), 44–53. https://doi.org/10.51594/ijarss.v3i4.277

Hariadi, B., Jatmiko, B., Sunarto, M. J. D., Prahani, B. K., Sagirani, T., & Amelia, T. (2021). Higher Order Thinking Skills Based Learning Outcomes Improvement with Blended Web Mobile Learning Model. International Journal of Instruction, 14(3), 463–480.

Hasanah, U., Astra, I. M., & Sumantri, M. S. (2023). Exploring the Need for Using Science Learning Multimedia to Improve Critical Thinking Elementary School Students: Teacher Perception. International Journal of Instruction, 16(1), 417–440. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16123a

Hermino, A., & Arifin, I. (2020). Contextual character education for students in the senior high school. European Journal of Educational Research, 9(3), 1009–1023. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1009

Isdianto, A., Luthfi, O. M., Asadi, M. A., Saputra, D. K., Musalima, F. P. A., Haykal, M. F., & Adibah, F. (2020). Pantai Kondang Merak: Bertahan Secara Ekosistem atau Bertumbuh Secara Ekonomi. Jurnal Education and Development, 8(4), 224–232.

Kemendikbud. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Magfiroh, L. U., & Fajar, D. M. (2022). Development of Angiospermal Encyclopedia in the Java Tradition in Kaliwining Village As a Supporting Book for Junior High School Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.21154/insecta.v3i1.3960

Mahardika, I. K., Subiki, S., Anggraeni, N. P., Juanda, D. H., Ubaidillah, M. J., & Amelia, N. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5239–5247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3199

Mutohhari, F., Sutiman, S., Nurtanto, M., Kholifah, N., & Samsudin, A. (2021). Difficulties in implementing 21st century skills competence in vocational education learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1229–1236. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.22028

Prayitno, A. R. D., & Zain, I. A. A. (2023). Analisis Potensi Pengembangan Ekosistem Mangrove Pantai Siwil, Pacitan Menjadi Eco- Tourism. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 31–43.

Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital Era 4.0: The Contribution to Education and Student Psychology. Linguistics and Culture Review, 6(s3), 89–107. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns3.2064

Rahmawati, D., Fahrezy Sutikno, M. A., & Wulandari, H. U. (2023). Penanaman Mangrove Kawasan Pesisir Mangunharjo Bentuk Pelestarian Ekosistem Sebagai Upaya Penyelamatan Generasi. Jurnal Dharma Indonesia, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.15294/jdi.v1i1.68445

Ramadhani, F. E., & Aristiawan, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Berbantuan Software Prezi dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 126–139. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2036

Salsabila, S., Aulia, S., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Objek Wisata Dan Pantai. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(2), 20–26. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.262

Simaremare, S. P., & Noho, M. D. H. (2021). Disharmonized the regulation of biological resources and its ecosystem in Indonesia. International Journal of Criminology and Sociology, 10, 332–340. https://doi.org/10.6000/1929-4409.2021.10.41

Simarmata, H. A., & Mayuni, I. (2023). Curriculum Reform In Indonesia: From Competency-Based To Freedom Of Learning. International Journal of Pedagogical Novelty (IJOPNOV), 2(2), 1–13.

Speth. (2015). he SWOT Analysis A Key Tool for Developing Your Business Strategy.

Spurgeon, R. (2019). Ekologi. Usborne Publishing. Ltd.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Alfabeta.

Sutarja, M., Tamam, B., Alifiyah, F. L. N., & Rahmah, F. (2023). Api Tak Kunjung Padam: Potensinya sebagai Sumber Belajar IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmaiah Multi Sciences, 15(2), 131–140.

Uralovich, K. S., Toshmamatovich, T. U., Kubayevich, K. F., Sapaev, I. B., Saylaubaevna, S. S., Beknazarova, Z. F., & Khurramov, A. (2023). A primary factor in sustainable development and environmental sustainability is environmental education. Caspian Journal of Environmental Sciences, 21(4), 965–975. https://doi.org/10.22124/cjes.2023.7155

Wasilah, Q. A., Mawli, R. E., Sani, M. D., Soegianto, A., Wiradana, P. A., & Pradisty, N. A. (2021). Determination of Lead and Cadmium in Edible Wedge Clam (Donax faba) Collected from North and South Coasts of Sumenep, East Java, Indonesia. Poll Res, 40(2), 593–597.

Yusup, A. F. D. J., Fauziah, H. N., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Outdoor Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 305–313. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.191

Published
2024-03-31
Section
Articles