Pengembangan Modul Fotosintesis Berbasis IPA Terpadu untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Mahasiswa Tadris IPA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

  • Rafiatul Hasanah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Laily Yunita Susanti Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Dinar Maftukh Fajar Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: IPA Terpadu, Keterampilan proses sains, Modul Fotosintesis

Abstract

Pembelajaran IPA pada tingkat SMP/ MTs seharusnya diajarkan secara integratif terpadu agar dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas pembelajaran, minat, dan motivasi peserta didik, serta beberapa kompetensi dapat dicapai sekaligus. Selain itu, pembelajaran IPA juga harus diajarkan berdasarkan hakikat sains (produk, proses dan nilai). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA Terpadu yang melatih keterampilan proses sains pada materi fotosintesis yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) menggunakan model dari Borg & Gall yang dimodifikasi, dengan menghasilkan produk berupa modul. Pengembangan modul ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain, kemudian dilakukan uji coba awal terbatas pada 6 orang, setelah modul direvisi selanjutnya dilakukan uji coba di lapangan dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang yang sedang menempuh mata kuliah biologi dasar, kimia dasar dan fisika dasar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) angket validasi untuk ahli materi dan ahli desain modul, (2) angket respons mahasiswa. Nilai rata-rata hasil validasi modul yang dikembangkan pada komponen kelayakan isi, komponen kelayakan bahasa, dan komponen kelayakan fisik masing-masing adalah 89,29%, 91,67%, dan 84,72%. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa modul yang telah dikembangkan layak/valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa nilai pada komponen penyajian fisik, penyajian konsep, dan penyajian bahasa masing-masing adalah 90%, 75,76%, dan 93,33%. Hal ini menunjukkan bahwa modul termasuk pada kriteria efektif untuk dijadikan sumber belajar mahasiswa yang berbasis IPA terpadu dalam melatih keterampilan proses sains mahasiswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2014. Standart Penilaian Buku Teks Pelajaran. Diakses di laman https://telaga.cs.ui.ac.id/BSNP/bahansosialisasi

Depdikbud. 2013, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, A. P. 2014. Pengembangan Modul IPA Terpadu Untuk SMP/Mts Berbasis Eksperimen Pada Tema Fotosintesis Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. 2007. Educational research: an introduction (8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson.

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. 2022. Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795–5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190

Kalemben, S., Rumahorbo, B. T., & Siallagan, J. 2018. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Jayapura. Jurnal ilmu pendidikan Indonesia, 6(3), 62-70.

Komisia, F., Buku, M. N. I., Tukan, M. B., Londa, D., Bubu, M. I., & Asafa, M. P. 2023. Penguatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Kupang Melalui Praktikum IPA Terpadu. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 1661-1669.

Kurniasari, D. A. D., Rusilowati, A., & Subekti, N. 2014. Pengembangan buku suplemen IPA terpadu dengan tema pendengaran kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Lestari, D. D. dan Muchlis. 2021. “E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 5 (1): hal. 25-33.

Listyawati, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Maulida, R. U., & Yuliani, Y. 2023. Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik E-LKPD Berbasis Guided Inkuiri: Melatihkan Keterampilan Poses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 724-734.

Nikmah, F., Zahrinna, A., & Jalil, M. 2023. Praktikum Sederhana Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains di MI Al Hikmah Kajen Pati. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 1-13.

Nilamsari, W. P. dan Indah, N. K. 2022. "Implementasi LKPD Elektronik Berbasis Guided Discovery pada Materi Fotosintesis untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi". Jurnal BioEdu. Vol. 11 (2): hal. 446-456.

Novitasari, E, Masykuri, M., dan Aminah, N., S. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif Di Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inkuiri. Vol 5, No. 1: 112-121.

Priscylio, G., & Anwar, S. 2019. Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 1-12.

Riduwan, S. P. 2016. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ridyah, S. W., & Sriyati, S. 2018. Pembelajaran IPA Terpadu dengan Tipe Connected dengan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal EDUSAINS, 8 (2), 122–127.

Waluyo, M. E., & Parmin, P. 2014. Pengembangan panduan praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema fotosintesis untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Warnoto, T., Hindriana, A. F., & Arip, A. G. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Sequence/Levels of Inquiry Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa pada Konsep Fotosintesis di Kelas VII SMP Negeri 2 Panyingkiran Kab. Majalengka. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 8(1).

Published
2024-03-31
Section
Articles