Integrasi Teori Al-Jabiri dan Sains: Analisis Model Pembelajaran IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

  • Iflahathul Chasanah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar
  • Azmi Mustaqim IAIN Ponorogo
Keywords: Integrasi Agama dan Sains; Pembelajaran saintifik ; Reproduksi Tumbuhan

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan yang berbasis agama Islam. pendidikan pada tingkat dasar yang mempunyai peran ganda, tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan tetapi juga mentransfer nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, integrasi ilmu pengetahuan alam (sains) dengan ilmu pengetahuan Islam merupakan suatu keharusan yang perlu dilakukan dan dikembangkan. Jika tidak terintegrasi maka akan terjadi dikotomi antara sains modern dan sains Islam. . Pembelajaran IPA merupakan salah satu ilmu umum yang perlu diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Karena Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan alam. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan wawasan tentang sains dan pembelajaran integrasi teori al-jabiri dengan sains yang sedang berkembang saat ini, bayani mengintegrasikan dengan ayat dan As-sunnah yang berkaitan dengan Perkembangbiakan tumbuhan, burhani aktifitas kegiatan siswa pada pembelajaran ipa pada materi reproduksi tumbuhan, sedangkan irfani manfaat dari integrasi ayat dan sunnah tentang Materi Tumbuhan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil berikut menjelaskan bagaimana mengintegrasikan pembelajaran reproduksi tumbuhan dengan agama sunnah dan Al-Qur’an serta menjelaskan proses pengintegrasian pembelajaran tersebut dalam bentuk Rencana pembelajaran Kurikulum 2013.

References

Abbas, A. F. (2012). Integrasi Pendekatan Bayâni, Burhânî, dan ‘Irfânî dalam Ijtihad Muhammadiyah. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 12(1). https://doi.org/10.15408/ajis.v12i1.979

Amin, A. (2012). Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif Interkonektif. Pustaka Pelajar.

Assegaf, A. R. (2007). Desain riset sosial keagamaan: pendekatan integratif-interkonektif.

Darmadji, A. (2014). Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan. EL-TARBAWI, 8(1), 13–25. https://doi.org/10.20885/TARBAWI.VOL7.ISS1.ART2

Departemen Pendidikan dan, K. (2013). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Depdiknas.

Djazari, O. M., & Sagoro, E. M. (2011). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Ipk D3 Dan Asal Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2), 103–112. https://doi.org/10.21831/JPAI.V9I2.970

Harun, Y. (2008). Miracles of The Qur’an (B. Rini N. & N. Ary (eds.)). Arkan Publishing.

Kimball, J. W. (1990). Biologi, jilid 1 / John W. Kimball ; alih bahasa oleh H. Siti Soetarmi Tjitrosomo, Nawangsari Sugiri (Ed. 5, cet. ke-3). Penerbit Erlangga.

Kivunja, C. (2014). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1). https://doi.org/10.5430/IJHE.V4N1P1

M. Quraish, S. (2011). Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (4th ed.). Lentera Hati.

Mardia Hayati, N. (2014). Desain Pembelajaran. CV. Mutiara Sumatra.

Millar, R., & Abrahams, I. (2009). Practical work - Research Database, The University of York. School Science Review, 91(334).

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ipa (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484–498. https://doi.org/10.15575/JPI.V28I3.560

Mustaqim, M. (2015). Pengilmuan Islam dan Problem Dikotomi Pendidikan. JURNAL PENELITIAN, 9(2), 255. https://doi.org/10.21043/JUPE.V9I2.1321

Nadiah, T. (2013). Mausuah al-I’jaz al-Qur’ani (A. Zaenal (ed.)). Zaman.

Neil A., C. (2007). Biology (M. Wasmen (ed.); 8th ed.). Erlangga.

Nurhayati, P. (2016). Pembelajaran Sains Berbasis Ayat-Ayat Al-Quran Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Konsep Dan Minat Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Dasar Atau Madrasah Ibtidaiyah. ISLAMICA, 4(1), 57–65. https://journal.stai-siliwangi.ac.id/index.php/islamica/article/view/68

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1546

Peter H, R. (2008). Biology (8th ed.). McGraw-Hill Higher Education.

Rahman, M. H., Iriani, T., & Widiasanti, I. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V17I1.23022

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3), 188–202. https://doi.org/10.24014/IDJ.V3I3.11727

Ramli, S. (2015). Istilah Tumbuh-Tumbuhan Dalam Al-Qur’an Al-Karim: Kajian Leksikografi Dan Analisis Wacana Bahasa Arab. Ekp, 13(3).

Rustaman;Dirdjosoemarto;Yudianto;Achmad;Subekti. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi, Cetakan 1. Universitas Negeri Malang Press.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Tjitrosomo, S. S. (1986). Botani Umum 4. Bandung : Penerbit Angkasa.

Zakir, N. (2016). The Qur’an and Modern Science (R. Dani (ed.)). Aqwam.

Published
2023-11-30
Section
Articles