Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri

  • Damar Kunayah IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Efikasi Diri; Pembelajaran IPA; Kemampuan Bertanya;

Abstract

Kemampuan bertanya merupakan kemampuan yang sangat diperlukan oleh siswa, bertanya memudahkan siswa untuk menggali informasi sendiri sehingga lebih mudah untuk memahami materi. SMP Negeri 1 Jenangan memiliki berbagai keunggulan baik IPTEK maupun IMTAQ yang akhirnya mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan bertanya siswa kelas VIII ditinjau dari efikasi di SMPN 1 Jenangan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bertanya siswa ditinjau dari efikasi diri di SMPN 1 Jenangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek kelas VIII G yang berjumlah 28 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan melakukan tes efikasi kepada siswa, sampel yang digunakan yaitu siswa dengan  kategori efikasi diri rendah, sedang dan tinggi. Siswa dengan kategori tersebut selanjutnya diberi tes mengenai kemampuan bertanya. Selanjutnya jawabn tersebut dianalisiss untuk mengetahui kemampuan betanyanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa yang memiliki efikasi diri tinggi memiliki kemampuan bertanya tinggi, siswa memenuhi seluruh indikator kemampuan bertanya; siswa dengan efikasi diri sedang dalam menyelesaikan tes indikator dari kemampuan bertanya ada beberapa indikator yang belum dapat diselesaikan sehingga belum dapat terpenuhi secara maksimal; siswa dengan efikasi diri rendah memiliki kemampuan bertanya yang rendah pula, mereka belum mampu memenuhi indikator kemampuan bertanya dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bertanya diantaranya adalah minat siswa, memiliki perasaan tidak berani, rasa ingin tahu, rasa percaya diri, motivasi, dan lingkungan.

References

Azwar, S. (2004). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP: Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(1).

Fatkuliza, Y., Gutji, N., & Sekonda, F. A. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Bertanya di Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Modeling di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Journal On Education, 05(02).

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 29 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech, 2(1), 53–64.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Abad 21 (ed. 2). Ghalia Indonesia.

Jafar, M. I., Shabir, A., & Mutmainna. (2022). Hubungan Keterampilan Bertanya Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2).

Ketut Dena Yasa, I., Pudjawan, K., & Gusti Ayu Tri Agustiana, I. (2020). Peningkatan Efikasi Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. 8(3), 330–341.

Lubis, S. D. (2019). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Dengan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD 105323 Kec. Batang Kuis (Issue 574).

Maulana, H. (2017). Studi Tentang Penerapan Teknik Bertanya Probing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1).

Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional,. PT. Remaja Rosdakarya.

Novika Pertiwi, F., & Astuti, R. Y. (2022). Efikasi Diri Siswa pada Pembelajaran IPA Ditinjau dari Pembelajaran Core Berbasis Tutor Sebaya. Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 41–50. https://doi.org/10.24929/lensa

Orlich, D., Harder, J., R., CallahanR. C., &, & Gibson, H. W. (1998). Teaching Strategies A Guided to Better Instruction. Houghton Mifflin Company.

Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., & Nuri, D. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.

Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125

Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922

Sigiro, O. N., Sigit, D. V., & Komala, R. (2017). The relationship between self-efficacy and scientific reasoning with high school students’.

Syahwati, T. (2021). Pengaruh Literasi Sains dan Kemampuan Bertanya Terhadap Hasil Belajar Sains di Mts Ngawi. IAIN Ponorogo.

Urip, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak …, 4(1), 1--10.

Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.

Yudistira, A. B., & Fauziah, H. N. (2023). Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Berbasis Isu Sosiosaintifik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1).

Yuliani. (2014). Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender dan Taksonomi Bloom. Jurnal Bioterdidik, 3(1).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.

Published
2023-11-29
Section
Articles