Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global

Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan memperhatikan kebutuhan peserta didik dan memperhatikan kebutuhan peserta didik menjadi salah satu tujuan utama pendidikan saat ini. Melalui pembelajaran berdiferensiasi kebutuhan peserta didik dapat diperhatikan sehingga dapat mengakomodir perbedaan individu peserta didik baik dari aspek kesiapan belajar, profil belajar, dan minta belajar. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran fisika khususnya konsep pemanasan global dapat memfasilitasi kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep pemanasan global mata pelajaran Fisika kelas X SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian hasil belajar berupa tes esai dalam ranah kognitif yang telah divalidasi oleh 2 orang validator. Hasil posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata masing-masing kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 73,39 dan 85,3. Hasil perhitungan normalitas data dengan uji varians atau uji F diperoleh data kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data kedua kelompok homogen. Dari uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,774 sedangkan ttabel = 2,037 dimana thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Melalui uji N-Gain diperoleh untuk kelas kontrol yaitu 0,557 dalam kriteria nilai N-Gain termasuk dalam kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas eksperimen yaitu 0,757 dalam kriteria nilai N-Gain termasuk dalam kriteia tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep pemanasan global.

References

Anik Dwi Nurmawati, Ana Fitrotun Nisa, Ahniasari Rosianawati, Budi Artopo, Riska Ashar Luthfia Erva, & Nizhomi, B. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366–1372. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11832

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.5187

Giancoli, D. C. (2014). Fisika Prinsip dan Aplikasi (Edisi Kedua). Erlangga

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Hakim, A. L., Fajri, M. B., & Faizah, E. N. (2022). Evaluation of implementation Of MBKM: Does academic stress affect on student learning outcomes? International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(1), 1–16. https://ijersc.org/index.php/go/article/view/246

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Ismail, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik Pada Konsep Usaha dan Energi di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Tomalou Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 8 (November), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7302316

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Defnisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemahan. MUDARISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.

Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.

Laksmiari, K., Praswoto, S. H. B., & Ismaya, S. N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learinng Di SMAN 4 JAMBER. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 4(1), 2527-5917.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang : Afifa Utama

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok : Rajawali Pers

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2020). panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD, 6, 9106–9114.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265–274. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1868

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.

Timor, A. R., Ambiyar, Dakhi, O., Verawadina, U., & Zagoto, M. M. (2021). Effectiveness of Problem-Based Model Learning on Learning Outcomes and Student Learning Motivation. International Journal of Multi Science, 1(10), 1–8.

Published
2023-11-30
Section
Articles