Pengembangan Modul Ajar Online Berbasis Science Education for Sustainable Development (SESD) untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keputusan

  • Silvia Khofifatul IAIN PONOROGO
  • Retno Widyaningrum IAIN Ponorogo
Keywords: Modul Ajar Online, SESD, Kemampuan Membuat Keputusan

Abstract

Pada dasarnya, setiap manusia tidak jauh dari kegiatan mengambil keputusan karena memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai. Pada setiap tujuan tersebut selalu berhadapan dengan masalah dan dituntut untuk mencari solusi penyelesaiannya. Sehingga, hal ini lah yang menyebabkan kemampuan membuat keputusan sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Berdasarkan hasil preliminary study yang dilakukan di MTsN 5 Madiun, dapat diketahui bahwa rata-rata kemampuan membuat keputusan peserta didik keleas IX pada mata pelajaran IPA mencapai 76,34. Hasil ini memang sudah lebih dari KKM, namun hal ini perlu ada peningkatan agar peserta didik memiliki kemampuan membuat keputusan yang mumpuni. Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya, peneliti akan mengembangkan modul ajar yang praktis dan efisien digunakan oleh peserta didik kapan saja dan dimana saja. Modul ajar ini memanfaatkan aplikasi bernama Flip PDF Professional dengan menerapkan pendekatan Science Education for Sustainable Development. Peneliti menggunakan metode penelitian R&D dengan model Borg dan Gall dimodifikasi. Hasilnya, produk yang dikembangkan terbukti efisien dan praktis digunakan.

References

Adumiranti, Y., & Widyaningrum, R. (2022). Jurnal Tadris IPA Indonesia Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sosio Scientific Issue pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan. 2(2), 228–241.

Ardillah, S., & Hayati, R. (2021). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Pengambilan Keputusan Karir di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2020/2021. 102–114.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Hani’ah, R., & Fadly, W. (2022). Terampil Membuat Kesimpulan Melalui Model Inkuiri Berbasis Science Education for Sustainable Development. 2(3), 336–346.

Kumalasari, D. D. (2018). Agama dan Budaya Sebagai Basis Pendidikan karakter Di Sekolah (Pertama). Suluh Media.

Lubis, A. S., Amalia, A., & Simanjuntak, S. (2021). Pengaruh Fasilitas Sekolah, Biaya Pendidikan dan Lokasi Sekolah terhadap Pengambilan Keputusan Siswa untuk Melanjutkan Pendidikan ke SMA Al Ulum Terpadu. Journal of Management …, 20. https://talenta.usu.ac.id/jomas/article/view/5243%0Ahttps://talenta.usu.ac.id/jomas/article/download/5243/3469

Nasiyati, N., Theresia, M., & Hartati, S. (2014). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Regulasi Diri dengan Kemampuan Mengambil Keputusan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 3(4), 47–53.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.

Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Panpatte, S., & Takale, V. D. (2019). To Study the Decision Making Process in an Organization for its Effectiveness. 3(1), 73–78.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramdani, M. S., & Simamora, A. H. (2022). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran seni budaya melalui e-modul. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 146–155. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44495

Saputra, Wisnu Wirawan Fadly, Ulinnuha Nur Faizah, A. C. K. (2021). Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Pendekatan SSD terhadap Peningkatan Kemampuan Membuat Keputusan Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 343–353.

Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922

Siswanto, P., & Fauziah, H. N. (2022). Pola Argumentasi Peserta Didik Terhadap Resiko Masalah Sosiosaintifik Pada Materi Bencana Alam. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 23–34.

Umami, R. (2021). Memahami Materi Pelajaran IPA yang Dikaitkan dengan Psikologi Pendidikan. 6(January), 13–22.

Valentina Sahra, F., & Aisiah, A. (2023). Validitas Isi Instrumen Pengukuran Literasi Sejarah. Jurnal Family Education, 3(3), 328–334. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.127

Wibowo, S. M. P., Santoso, D. B., & Apriani, R. (2023). Pengembangan Modul Perencanaan Karier untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 320–327. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p320-327

Published
2023-11-30
Section
Articles