Validitas Modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs
Abstract
Proses belajar mengajar yang efektif dan efisien dimana tersedianya salah satu komponen dalam proses pembelajaran yakni bahan ajar yang berupa modul. Modul adalah bahan ajar dan digunakan siswa dalam proses pembelajaran daan sebagai sumber belajar. Penelitian merupakan hasil analisis validitas modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs. Prosedur penelitian dimulai dari mengembangkan Modul Perubahan Fisika dan Kimia berdasarkan aspek Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs yang kemudian di validasi oleh ahli materi, ahli desain, ahli pengembangan modul dan ahli soal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) secara umum hasil validasi mendapatkan kriteria sangat baik; 2) persentase hasil validasi tertinggi adalah ahli pengembangan 100%, ahli desain 95%, sedangkan persentase terendah adalah ahli materi 80%, ahli soal 72%; 3) modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs dapat melatih dan mendorong siswa berpikir kreatif secara luas. Secara keseluruhan modul Perubahan Kimia dan Fisika Berbasis Berpikir Kreatif masuk dalam kategori valid berdasarkan koefisien Aiken’s sehingga modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Berpikir Kreatif masuk kategori layak untuk dikembangkan ke tahap selanjutnya setelah dilakukan revisi dan perbaikan dari empat ahli validator.
References
Febrianti, Yeyen., dkk. 2016. Analisis Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Provit, 3 (1). 2.
Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95-101.
Irman, S. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (2), 260-269
Mashudi. 2021. Pembelajaran Nodern : Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4 (1). 2.
Musthofa, N. A., Mutrofin, S., & Murtadho, M. A. (2016). Implementasi Quick Response (Qr) Code Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (Uml). ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10 (1)
Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving.
Nesri, Fabiana Dini Prawingga dan Yosep Dwi K. 2020. Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3). 2.
Ningsih, I. H. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38-43.
Pramudita, I. F. E., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2021). Studi Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Dalam Memilih Peminatan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 251-259.
Rizqi, M. (2019, February). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2)
Sari, Arini Kumala. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics : Keterampilan 4C (Collaboration, Comunication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4 (2). 2.
Septikasari, Resti & Frasandy, R.N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8 (2).
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2 (2).
Umbaran, R. F. A. (2015). Pengembangan Modul berbasis pendekatan saintifik kompesensi dasar mendeskripsikan pengertian, pertemuan/rapat kelas XI APK 2 SMK Ngajuk. Diambil Dari Http://Journal. Unj. Ac. Id/Unj/Index. Php/Pip/Article/View/12851
Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah, H. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (2).
Yuliani, Wiwin, dan Nurmauli. 2021. Metode penelitian pengembangan (RND) dalam bimbingan dan konseling. Quanta 5, (3), 2-4.
Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajran. Jurnal Seminar Nasional apaendidikan, 2 (2). 9.
Copyright (c) 2023 Nafi Mamluah, Agna Ayu Rahmadhani, Najim Humaidah, Aziza Karenina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.