Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Education for Sustainability Development (ESD) untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik

  • Astrida Bela Priandini IAIN Ponorogo
  • Aristiawan Aristiawan IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan Kolaborasi, Think Pair Share, Education for Sustainability Development, Peserta Didik

Abstract

Kurikulum 2013 memiliki tujuan salah satunya yaitu agar peserta didik mempunyai kompetensi dan menumbuhkan jiwa kolaborasi. Kemampuan kolaborasi merupakan kemampuan berpartisipasi dan saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik dan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Education for Sustainability Development (ESD) untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi experimental design group. Pengambilan data melalui observasi dengan instrumen lembar observasi. Partisipasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTsN 6 Ponorogo yang dipilih secara random sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan disetiap pertemuannya dan diperoleh rata-rata 89% dengan kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan diperoleh rata-rata 68% dengan kategori baik. Kemampuan kolaborasi berdasarkan rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Education for Sustainability Development (ESD) tidak sama dengan kemampuan kolaborasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol). Dengan perolehan hasil rata-rata yang tidak sama maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Think Paair Share dengan pendekatan Education for Sustainability Development (ESD) berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik kelas VIII MTsN 6 Ponorogo.

References

Amaliah, Rezeki. (2016). Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 8 (1), 11–17. https://ejournal.umm.ac.id.
Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin Jamaluddin, and Abdul Wahab Jufri. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5 (2), 108–16. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.
Hawin, Moch. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Berbasis Islam Anggota Karang Taruna Dengan Kepedulian Sosial. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 7 (2), 50–54. https://doi.org/10.26555/almisbah.v7i2.1125.
Indriyani, Indriyani, Mochammad Ahied, and Irsad Rosidi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (Dlps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bencana Alam. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1 (1), 8. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3442.
Mahmudah, Mahmudah. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6 (1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696.
Masruroh, Lailatul, and Syaiful Arif. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii.
Maiturrohmah, and Wirawan Fadly. (2020). Looking at a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance ( 21st Century Skills Study ). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, (1), 17–33. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta.
Narut, Yosef Firman, and Kansius Supradi. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (1), 61–69.
Ningsih, S R I, Fakultas Tarbiyah, and D A N Ilmu. (2019). SRI NINGSIH Penelitian Relevan.
Oktaviani, Ari, K Anom, and Betty Lesmini. (2020). Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Dan PBL (Problem-Based Learning). Journal of Educational Chemistry (JEC), 2 (2), 64. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6279.
Sufajar, D, and A Qosyim. (2022). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa Di Masa Pandemi Covid-19. Pensa: E-Jurnal Pendidikan … ,10 (2), 253–59. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45054%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/45054/40720.
Winantara, I.W. Daniel. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd No 1 Mengwitani. Journal of Education Action Research, 1 (2), 148. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047.
Zulfia, Firda Ama, Ilda Sartifa Sari, Muhammad Khalid Faruq, Nikita Rizky, and Herawati Susilo. (2019). “Penerapan Model Kooperatif Tipe Tps , Stad, Dan Nht Untuk Pascasarjana Pendidikan Biologi Melalui Lesson Study Di Universitas Negeri Malang.” Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, no. December 2020, 303–10.
Published
2024-04-22
Section
Articles