Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizwhizzer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Alat Optik

  • Sri Dinda Lestari Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo
  • Linda Suronoto SMA Negeri 1 Kota Gorontalo
Keywords: Problem Based Learning, Quizwhizzer, Konsep Alat Optik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep alat optik melalui penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi Quizwhizzer pada peserta didik Kelas XI IPA5 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 70,71 dari skor ideal 100, dan persentase peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 70%. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,28 dari nilai ideal 100 dan persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 80%. (2) aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 74,29% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 82,86% dengan kriteria sangat baik. (3) aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 63,57% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 67,21% dengan kriteria baik pada siklus II. Kesimpulan penelitian  ini adalah penggunaan model problem based learning berbantuan Aplikasi Quizwhizzer dapat meningkatkan hasil belajar  konsep alat optik peserta didik di kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Gorontalo.

References

Faijah, Nuthfah. Nuryadi. Marhaeni Hetty. 2021. QuizWhizzer -Assisted Educational Game Design to Improve Students' Conceptual Understanding Skills, International Confrence. Multidicipline, 455-461
Indrawati, E. S. Zaturahmi, Nurpatri, Y. 2021. Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di Kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 6 Padang. Jurnal Estupro 06(3), 64-71
Meileni, Hetty. Satriadi, Indra. Oktapriandi, Sony. Apriyanty Desi. 2021. Model Aplikasi Digital Learning Menggunakan Netboard Untuk Pembelajaran Daring. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 10(3), 525-532 DOI:http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v10i3.719.
Nurcaya, et al. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas XI Ipa3 SMA Negeri 8 Makassar." Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 7(1),81-92
Saleh, M. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 08(1),369-374.
Suwandi. Tawil. Bunga (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas Xi Ipa1 Sma Negeri 1 Parangloe. Journal Muhammadiyah of university makassar 1(02), 129-138
Trias, M. M. 2022. Pengaruh Game Interaktif Quizwhizzer Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Tata Surya Pada Siswa Mts Negeri Kota Probolinggo. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jembe
Wahyuningsih, F., P., R. D., Saksono, L., & Samsul, S. I. 2021. Utilization of Quizwhizzer Educational Game Applications as Learning Evaluasi Media, International Joint Conference on Science and Engineering. Atlantis Press , 148-152.
Published
2023-07-30
Section
Articles