Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah Menggunakan Soal Berbasis Masalah Ditinjau dari Perbedaan Gender

  • Hamidatul Afifah IAIN Ponorogo
  • Ulinnuha Nur Faizah IAIN Ponorogo
Keywords: Berpikir Ilmiah, Berbasis Masalah, Gender, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir ilmiah peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal berbasis masalah. 2) menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir ilmiah. Pada penelitian ini dirancang mengggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tes soal, interview dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data, penulis menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajia data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini adalah 1) Kemampuan berpikir ilmiah peserta didik laki-laki unggul pada indikator inkuiri saja. 2) Kemampuan berpikir ilmiah peserta didik perempua unggul pada hampir semua indikator berpikir ilmiah terutama pada indikator inferensi dan argumentasi. 3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam berpikir ilmiah sangatlah beragam antara lain sarana dan prasarana, minat peserta didik, pengetahuan peserta didik dan lingkungan.

References

Afifah, M. N., Septiarini, F. N., Afifah, F. H., Matematika, S. P., & Tangerang, U. M. (2019). Analisis Higher Order Thingking Skills Siswa SMP DiTinjau Dari Perbedaan Gender. EDU-MAT:Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7102

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita ; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. 1(1), 38–43.

Anggraini, Aisyah Fera, Maridi, dan S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas XI IPA Kawasan Pegunungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bioedukatika, 6(2), 102–111.

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50–64.

Ding, L., Wei, X., & Liu, X. (2016). Variations in University Students’ Scientific Reasoning Skills Across Majors, Years, and Types of Institutions. Research in Science Education, 46(5), 613–632. https://doi.org/10.1007/s11165-015-9473-y

Dori, Y. J., Zohar, A., Fischer-Shachor, D., Kohan-Mass, J., & Carmi, M. (2018). Gender-fair assessment of young gifted students’ scientific thinking skills. International Journal of Science Education, 40(6), 595–620. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1431419

Fitriyanti, Farida, & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 491–497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376

Fitriyati, I., & Munzil, M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p1-6

Hadi, W. P., Muharrami, L. K., & Utami, D. S. (2021). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Berdasarkan Gender. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 133–142.

Hamidah, U. N., & Mubarak, F. A. M. (2020). Analysis of Students’ Ability to Making Conclusions in Learning of Static Electricity. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal (INSECTA), 1(1), 1–16.

Hanson, S. L., & Krywult-albańska, M. (2020). Gender and Access to STEM Education and Occupations in A Cross-National Context With A Focus on Poland. International Journal of Science Education, 42(6), 882–905. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1737341

Hartatiana. (2014). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Berbasis Argumen Untuk Siswa Kelas V Di SD Negeri 79 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Imaningtyas, C. D., Suciati, & Karyanto, P. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Sma Kelas Xi. Integrasi Sains-Islam Dalam Pembentukan KarakterPeserta Didik Di Era Digita, 1(1), 78–83.

Kuhn, D. (2010). What is Scientific Thinking and How Does it Develop? In The Wiley-Blackwell Handbook of Childhood Cognitive Development, Second edition (Issue December). https://doi.org/10.1002/9781444325485.ch2

Mahanal, S. (2005). Strategi Pembelajaran Biologi, Gender Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 179–184.

Masluha, U. S., Hasnunidah, N., & Jalmo, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Dan Gender Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa. JURNAL BIOTERDIDIK: WAHANA EKSPRESI ILMIAH, Vol. 8 No.

Nurya, S., Arif, S., Sayekti, T., & Ekapti, R. F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbasis STEM Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 138–147. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.192

Polya, G. (1957). How To Solve It. Princenton University Press.

Rezki Afinadhita, K., Prasetyo Abadi, A., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Teluk Jambe Timur, K., & Barat, J. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 907–914. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.907-914

Rosidin, U., Herlina, K., Hasnunidah, N., & Farida, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Physics and Science Learning, 02, 25–36.

Sabtri Agus Salbo Kondo. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada SMP Negeri 8 Makasar. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Syahputra, E., Wiranda, A., Hamdany, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Analisis Perbandingan Uji Kemampuan Bahasa Indonesia Antara Pria dan Wanita. 1(3), 251–258.

Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312

Yuniar, S. R., Yuliyanti, S., & Masjudin. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis DiTinjau Dari Gender Pada Kelas X-XI MIPA SMAN 1 Kayangan. Media Pendidikan Matematika, 10(1).

Yusdiyanti, D. (2022). Memori pada manusia. Jurnal Artikel, 2, 9–37.

Published
2023-07-31
Section
Articles