Efektivitas Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Flash Card terhadap Kemampuan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMP

  • Eki Listiana Pratiwi IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Flash Card, Kepedulian Lingkungan, Rotating Trio Exchange

Abstract

Kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik memiliki peran penting dalam melestarikan lingkungan. Namun kenyataannya, kemampuan kepedulian lingkungan peseta didik di SMP Negeri 1 Siman kurang optimal. Hal ini karena materi pelajaran belum dikaitkan dengan kehidupan nyata dan model pembelajaran yang digunakan hanya ceramah saja. Penggunaan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) berbantuan media flash card menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RTE berbantuan media flash card terhadap kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas IX A(eksperimen) dan kelas IX B (kontrol) yang berjumlah 60 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan soal tes sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RTE berbantuan media flash card tidak sama dengan kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran RTE berbantuan media flash card lebih baik untuk meningkatkan kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik dari pada model pembelajaran konvensional. Hal tersebut berarti bahwa model pembelajaran RTE berbantuan media flash card efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kepedulian lingkungan peserta didik kelas IX pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Siman.

References

Budiyono, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(1), 84–93. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.1.84-93

Dewi, P. I. S., & Negara, I. G. A. O. (2020). Magic Box Media Assisted Rotating Trio Exchange (RTE) Learning Model Toward Social Science Competencies of the Fourth Grade Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 324–332.

Fatemaluo, M., Syaputri, E. R., Yogica, R., & Selaras, G. H. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Keanekaragaman Tumbuhan Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 968–974.

Handayani, A., Soenarno, S. M., & A’ini, Z. F. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 20 Depok. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.11827

Husna, L., Tanjung, I. F., & Hasibuan, E. K. (2022). Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.9956

Hyseni Spahiu, M., Korca, B., & Lindemann-Matthies, P. (2014). Environmental Education in High Schools in Kosovo-A Teachers’ Perspective. International Journal of Science Education, 36(16), 2750–2771. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.933366

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Llingkungan Melalui Model Experiential Learning. UPEJ, 5(3), 72–79.

Kusuma, R. P., & Turdjai. (2019). Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN Gugus II Lebong Utara Kabupaten Lebong). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(1), 174–181.

Lubis, S. P. W., Muzanna, S. R., & Firdausiyah, I. (2020). Profil Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 34–42.

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, 4(3), 74–94.

Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141–147.

Rahmah, A., Fadly, W., Ekapti, R. F., Sayekti, T., & Faizah, U. N. (2021). Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat dan Pendekatan ESD dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 148–158.

Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107

Segara, N. B. (2015). Education for Sustainable Development (ESD) Sebagai Upaya Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349

Setyawan, P. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Pictorial Riddle pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 260–269.

Setyawan, P., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Flashcard berbasis Pictorial Riddle pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 260–269.

Taufiq, A. (2016). Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakat di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Geografi Gea, 14(2), 124–134. https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3402

Wahono, Santoso, A. B., & Sutardji. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Atmosfer dan Hidrosfer Kelas VII SMP 9 Semarang Tahun Ajaran 2021/2013. Edu Geography, 3(3), 1–6.

Wangi, S. A. P. K., Suharta, I. G. P., & Gita, I. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja Melalui Penerapan Strategirotating Trio Excange (Rte) Berbantuan Kartu Kerja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 44–49. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2816

Yuliati, T., & Martuti, N. K. T. (2015). Efektivitas Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 39–48

Published
2023-07-30
Section
Articles